Sipil
Jul2

Cara Memotong Styrofoam Tanpa Alat Khusus

Styrofoam atau gabus sering digunakan sebagai bahan baku untuk membuat kerajinan tangan. Kelebihan dari bahan ini yaitu harganya murah, tampak bersih, dan memiliki bobot yang ringan. Selain itu, styrofoam pun mudah dibentuk menjadi suatu karya yang sesuai keinginan. Biasanya lembaran styrofoam perlu dipotong terlebih menjadi beberapa potongan. Barulah kemudian potongan-potongan styrofoam tersebut dirangkai sedemikian rupa.

Sebenarnya memotong lembaran styrofoam itu gampang banget. Syaratnya adalah Anda harus mempunyai alat khusus berupa pemotong styrofoam. Alat ini berupa tali yang panas sehingga mampu melelehkan bagian styrofoam yang dikenainya. Jika dibandingkan dengan cutter, memotong styrofoam menggunakan alat ini mampu menghasilkan potongan yang rapi tanpa serbuk di pinggirannya. Hanya saja tidak semua orang memiliki alat pemotong khusus styrofoam ini.

cara-memotong-styrofoam.jpg

Tenang, Anda masih bisa memotong styrofoam dengan hasil yang rapi meskipun tidak menggunakan alat pemotong khusus. Di sini kita bisa memanfaatkan alat-alat sederhana yang digunakan menyerupai alat pemotong khusus styrofoam. Sebagai tali pemotongnya, gunakan jarum yang dipegangi memakai tang biar tidak kepanasan. Jarum tadi lantas dipanaskan secara berkala pada api lilin sehingga suhunya menjadi panas. Saat jarum masih panas, Anda harus sesegera mungkin menggunakannya untuk memotong styrofoam.

Alat dan Bahan :

  • Jarum
  • Tang
  • Lilin
  • Korek api
  • Penggaris besi
  • Pensil
  • Styrofoam

Langkah-langkah :

  1. Buatlah garis di atas permukaan styrofoam yang menandai bidang yang ingin dipotong. Hati-hati saat menggoreskan pensil, bila terlalu kuat justru bisa melubangi styrofoam tersebut.
  2. Nyalakan api pada lilin. Pegang jarum menggunakan tang. Bakarlah jarum tadi pada api selama 30-60 detik. Jarum yang tampak berubah warna menjadi kemerah-merahan menandakan kalau kondisinya sudah panas.
  3. Posisikan penggaris pada permukaan styrofoam tepat pada garis penanda yang telah dibuat. Dengan hati-hati, tancapkan jarum pada garis. Lalu gerakkan jarum tadi mengikuti garis untuk memotong styrofoam.
  4. Jarum yang panas akan dengan mudah memotong styrofoam sesuai gerakan tangan Anda. Jika jarum sudah tidak mempan memotong styrofoam lagi artinya suhunya sudah dingin. Jadi Anda perlu memanaskan jarum tersebut kembali.
  5. Ulangi langkah ini sampai styrofoam terpotong sesuai dengan pola yang kita inginkan. Walaupun kelihatannya kurang efektif, metode ini dapat membantu Anda yang lagi iseng membuat kerajinan dari styrofoam atau sedang terburu-buru harus segera memotong styrofoam. Daripada bingung memikirkan alat pemotong styrofoam khusus, gunakan saja trik yang satu ini.