Sipil
Oct7

Cara Memotong Papan PCB dengan Mudah

Bagaimana cara memotong papan PCB yang benar? PCB (Printed Circuit Board) adalah suatu papan dari logam dan dipenuhi sirkuit yang digunakan untuk menghubungkan antar komponen elektronik satu sama lain tanpa kabel. Oleh karena itu, PCB dikenal pula sebagai papan sirkuit cetak.

Papan PCB biasanya tersedia dalam bentuk yang cukup besar dengan ukuran penampang sekitar 100 x 150 cm. Terbayang kan betapa jumbonya ukuran perangkat elektronik jika harus menggunakan papan PCB yang utuh. Untungnya, Anda bisa memotong papan tersebut menjadi potongan-potongan yang berukuran lebih kecil sesuai dengan kebutuhan.

cara-memotong-papan-pcb.jpg

Agar tidak terjadi kesalahan, Anda sebaiknya mempelajari cara pemotongan PCB yang tepat. Beberapa peralatan yang bisa digunakan untuk membantu pekerjaan Anda di antaranya cutter, penggaris, dan ampelas bila perlu. Sedangkan untuk panduannya silakan ikuti langkah-langkah berikut ini :

Alat dan Bahan :

  • PCB
  • Pensil
  • Penggaris besi
  • Cutter
  • Ampelas halus

Langkah-langkah :

  1. Siapkan cutter yang dengan ukuran mata pisau yang cukup besar dan tajam. Dengan begini cutter tersebut mampu menahan beban/tekanan yang kuat saat kita menggoreskannya ke PCB. Perlu diingat, setiap cutter hanya boleh digunakan untuk 20 kali pemotongan PCB.
  2. Siapkan juga penggaris yang terbuat dari bahan besi yang kokoh. Selain digunakan untuk membentuk garis pola, penggaris ini juga nantinya akan dipakai untuk menahan alur pergerakan mata pisau cutter. Jadi bahan besi dipilih agar penggaris tidak mudah rusak dan tergores akibat terkena tekanan dari cutter.
  3. Sediakan tempat yang memiliki permukaan rata namun kondisinya tidak terlalu licin. Tempat ini nantinya akan digunakan sebagai landasan dalam proses pemotongan PCB. Jika Anda bingung mencari tempat yang tepat, manfaatkan saja papan kayu yang cukup tebal sebagai landasannya.
  4. Setelah semua persiapan di atas beres, Anda bisa mulai memotong PCB. Pertama-tama letakkan papan PCB di atas landasan. Pastikan posisinya sudah cukup nyaman bagi Anda untuk menjangkaunya.
  5. Kemudian buatlah garis pola menggunakan pensil sesuai dengan ukuran yang dikehendaki. Usahakan garis tersebut memiliki arah yang lurus. Bila terjadi kesalahan, Anda bisa menghapus garis tadi memakai penghapus dan mengulangi pembuatan garis sekali lagi.
  6. Setelah itu, Anda bisa memulai tahap pemotongannya dengan meletakkan penggaris besi tepat di pinggir garis serta menggoreskan cutter pada garis tersebut. Untuk permulaannya, goreslah bagian tembaga terlebih dahulu dan tidak perlu sampai tembus.
  7. Langkah berikutnya, balikkan posisi papan PCB lalu goreskan cutter sekali lagi persis di garis pola tadi. Kini Anda pun sudah membuat dua goresan garis pada PCB di posisi yang sama tetapi bagian permukaan yang berlawanan. Jadi dengan begini Anda dapat mematahkannya dengan sangat mudah.
  8. Tahap yang terakhir adalah pematahan. Anda bisa mematahkan papan PCB tersebut tepat pada posisi goresan, baik menggunakan tangan kosong atau alat bantu berupa penjepit. Kunci utama supaya hasil patahannya rapi yaitu Anda harus menggunakan tenaga yang penuh saat mematahkan PCB. Jangan ragu-ragu karena justru akan menimbulkan retakan.
  9. Sekarang Anda bisa menghaluskan bagian pinggiran papan PCB tersebut memakai ampelas yang halus supaya lebih rapi. Gosokkan ampelas dengan gerakan yang searah dan agak diangkat. Dijamin deh, dengan menerapkan langkah-langkah di atas, Anda pun sudah bisa memotong papan PCB sendiri.