Sipil
Oct18

Cara Memotong Papan MDF agar Hasilnya Rapi

Bagaimana cara memotong papan MDF agar hasilnya rapi? Papan MDF terbuat dari serbuk kayu yang dicampur lem kayu lalu dicetak sedemikian rupa dengan bentuk dan ukuran tertentu. Setelah hasil cetakannya berhasil dibuat, kemudian pada bagian luarnya diberikan lapisan vinil untuk melindunginya dari air sekaligus memperindah tampilannya. Penggunaan papan MDF saat ini paling banyak diaplikasikan sebagai perabotan rumah tangga. Anda bisa membeli furniture berbahan papan MDF berkualitas tinggi di www.alatperabotan.com.

Anda harus tahu kalau papan MDF yang diproduksi sudah mempunyai standar ukuran yang baku. Jadi meskipun ada banyak sekali pabrik pembuat papan MDF, tetapi produk papan MDF yang dihasilkannya memiliki ukuran yang sama persis. Adapun ukuran-ukuran papan MDF tersebut antara lain 1200 x 2400 mm, 900 x 2400 mm, 1200 x 2100 mm, 900 x 2100 mm, 1200 x 1800 mm, dan 900 x 1800 mm. Sedangkan ukuran ketebalannya meliputi 3, 4, 6, 9, 12, 15, 18, dan 21 mm. Papan MDF yang ukurannya tidak tepat akan digolongkan ke dalam kelas B dan kelas C.

cara-memotong-papan-mdf.jpg

Kadang-kadang furniture yang akan kita buat membutuhkan papan MDF dengan ukuran yang tidak sesuai standar. Sehingga mau tidak mau kita pun harus memotong papan MDF tersebut sesuai dengan ukuran yang diperlukan. Tetapi kenyataannya memotong papan MDF tidak semudah menggergaji kayu solid. Proses penggergajian kayu solid cukup mudah dikerjakan karena memiliki partikel-partikel penyusun yang terikat sangat kuat. Berbanding terbalik dengan partikel penyusun papan MDF yang mudah hancur berantakan apabila mendapatkan tarikan atau dorongan yang keras.

Anda bisa menggunakan gergaji tangan atau gergaji mesin untuk memotong papan MDF. Catat kiat-kiatnya supaya hasil pemotongan yang Anda lakukan rapi berikut ini!

Memotong Papan MDF Memakai Gergaji Tangan

Pemotongan papan MDF menggunakan gergaji tangan sebaiknya dipilih gergaji yang mempunyai konfigurasi mata gergaji kombinasi. Alasannya karena gergaji tersebut tidak hanya bertugas untuk membelah papan, tetapi juga memotong serat melintang pada papan MDF. Usahakan Anda menggunakan landasan dari papan MDF bekas pada saat menggergaji papan tersebut. Tujuannya agar sisi tebal bagian bawahnya tidak mengalami kerusakan. Jika Anda tidak hati-hati, lapisan vinil pada bagian bawah papan MDF berisiko terkelupas akibat mendapatkan tekanan yang begitu kuat dari gergaji tangan.

Memotong Papan MDF Menggunakan Gergaji Mesin

Proses pemotongan papan MDF paling bagus dilakukan memakai mesin gergaji khusus. Anda bisa membeli mesin tersebut di www.alatperaboan.com pada kategori alat pertukangan. Gergaji mesin mempunyai mata pisau yang tajam, tenaga yang kuat, dan kecepatannya tinggi. Hal ini akan membantu menghasilkan potongan papan MDF yang lebih halus pada bagian pinggirannya.

Selain itu, adanya permukaan meja mesin yang menopang papan MDF juga turut membantu terciptanya hasil potongan yang rapi. Penggunaan gergaji mesin ini gampang sekali, di mana Anda hanya perlu mengarahkan garis-garis potongan yang sudah dibuat pada papan MDF tersebut tepat ke posisi mata gergaji. Papan MDF akan langsung terpotong dengan sendirinya begitu menyentuh mata gergaji. Hati-hati saat menggunakan gergaji mesin ini!