Cara Membuat Talang Air dari Seng

Bagaimana cara membuat talang air dari seng? Untuk mengatur aliran air hujan yang jatuh di atap rumah, kita membutuhkan talang air. Sehingga air hujan dari atap tersebut akan mengalir dan terkumpul  di talang kemudian jatuh ke bawah. Dengan demikian, jatuhnya air hujan menjadi  lebih rapi dan tidak menimbulkan efek negatif terhadap bangunan itu sendiri. Salah satu material yang biasa digunakan untuk membuat talang air ialah seng.

Talang air yang terbuat dari seng mempunyai kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan bahan-bahan bangunan yang lain. Seng mempunyai bobot yang cukup ringan sehingga tidak terlalu membebani konstruksi bangunan. Proses pemasangannya yang mudah ditambah seng juga bisa dipasang dengan sangat kuat menjadi keunggulan lain dari material yang satu ini. Selain itu, harga seng pun cukup terjangkau daripada material pembentuk talang air lainnya.

Berikut ini langkah-langkah dalam membuat talang air berbahan dasar seng, antara lain :

Alat dan bahan yang dibutuhkan :

  • Seng
  • Gunting seng
  • Meteran
  • Paku
  • Papan kayu
  • Cat anti karat

Proses pembuatan meliputi :

Langkah I. Menentukan Lokasi yang Tepat

Anda harus menentukan lokasi terlebih dahulu di mana talang air akan dibuat. Biasanya posisi yang paling pas untuk dibuat talang adalah bagian pinggir atap. Boleh salah satu pinggirnya atau kedua pinggirnya sekaligus. Yang penting adalah air bisa mengalir lancar menuju ke talang tersebut, lalu menuju ke saluran air sambungannya. Pastikan pula keberadaan talang air tidak merusak estetika bangunan secara keseluruhan.

membuat-talang-air-seng.jpg

Langkah II. Mengukur Bidang Kerja

Anda bisa melakukan pada area yang akan ditutupi talang air. Gunakan meteran untuk mengetahui panjang bidang kerja tersebut dengan tepat. Ukurlah mulai dari titik awal dari titik akhir pemasangan talang. Tambahkan panjangnya sedikit sebagai toleransi untuk mengantisipasi dampak pemuaian dan penyusutan material seng. Lakukan pengukuran ke bidang yang lain, lalu tambahkan dengan hasil pengukuran sebelumnya.

Langkah III. Memotong Seng untuk Talang

Untuk memotong seng, Anda membutuhkan gunting khusus. Gunting ini berbeda dari gunting yang biasa kita pakai sehari-hari karena bentuknya lebih kokoh dan memiliki mata gunting yang jauh lebih tajam. Setelah seng diberi garis penanda sesuai dengan kebutuhan Anda, potonglah seng tersebut tepat di garis penandanya. Ikuti garis penanda yang telah dibuat saat memotong seng supaya hasil potongannya rapi dan tepat.

Langkah IV. Memasang Seng sebagai Talang

Seng yang sudah dipotong lantas dipasang di pinggir atap bangunan untuk difungsikan sebagai talang air. Tetapi sebelumnya Anda perlu memasang papan kayu terlebih dahulu di tempat-tempat yang akan dijadikan talang air ini. Pasanglah papan kayu tersebut sedemikian rupa sehingga nanti seng bisa dipasang dengan mudah di atasnya. Di samping untuk meratakan permukaan seng, papan kayu juga membantu menguatkan posisi seng sehingga tidak mudah berubah.

Langkah V. Memberi Lapisan Finishing

Seperti kita tahu, seng termasuk bahan bangunan yang bisa berkarat. Material ini akan mengalami korosi apabila terkena air dan udara secara terus-menerus. Apalagi kalau sampai permukaannya tergores sehingga mengakibatkan lapisan anti karatnya hilang, seng pun lebih cepat berkarat. Akibatnya adalah talang air tersebut gampang bocor. Untuk mencegah kondisi ini, Anda sebaiknya memberikan lapisan cat anti karat sebagai finishing terakhir.