Sipil
Jul1

Cara Membuat Sumur Bor Dangkal

Bagaimana cara membuat sumur bor dangkal? Sumur bor dangkal (drilling well) adalah sumur yang mempunyai tingkat kedalaman berkisar antara 0-30 meter di bawah permukaan tanah. Kebanyakan sumur-sumur yang ada di Indonesia dibuat menggunakan metode ini.

Proses pembuatannya biasanya dilakukan dengan bantuan mesin bor semi-manual hingga mesin yang bertenaga modern. Karena ukuran kedalamannya tidak terlalu dalam, lama pembuatan sumur ini terbilang relatif singkat. Selain dapat menyediakan sumber air bersih dengan lebih mudah, sumur bor ini juga bisa menghemat tempat sebab diameter pipa yang dipakai hanya sekitar 3-5 inci.

cara-membuat-sumur-bor.jpg

Di bawah ini langkah-langkah dalam pembuatan sumur bor dangkal :

Langkah 1 : Persiapan Awal

Anda bisa menentukan lokasi pengeboran yang ditaksir mengandung sumber air di dalamnya. Kami akan berbagi trik menemukan sumber air pada artikel selanjutnya. Setelah ketemu, siapkan peralatan dan bahan-bahan yang nantinya diperlukan selama proses instalasi di sekitar titik tadi sehingga Anda bisa lebih mudah dalam menjangkaunya.

Langkah 2 : Penggalian Pertama

Tahap berikutnya ialah melakukan penggalian pertama tepat di titik tadi. Tidak perlu terlalu dalam. Cukup ukurannya di kisaran diameter 1,25 m dan lebarnya 0,5 m. Tujuannya yakni untuk menandai titik pengeboran dan mempermudah tahap penancapan mesin bor nantinya.

Langkah 3 : Pembuatan Kolam Penampungan Air

Kolam penampungan air sumur dibuat dengan ukuran 1 x 1 x 0,5 m. Kolam ini berfungsi sebagai media penampungan air yang akan keluar pada saat lubang tanah dibor. Dengan ditampungnya air ini, Anda pun bisa menggunakannya kembal air tersebut untuk membantu memudahkan proses pengeboran sehingga pemakaian air dapat dihemat.

Langkah 4 : Pembuatan Kolam Penampungan Lumpur

Di sekitar lokasi penggalian sumur juga sebaiknya dibuat beberapa kolam untuk menampung lumpur. Ukurannya tidak perlu terlalu besar. Sebab kolam ini hanya dipakai untuk menaruh lumpur untuk sementara waktu sebelum dipindahkan ke tempat penampungan lumpur akhir. Adanya kolam lumpur ini juga membuat Anda bisa mengecek kelayakan jenis tanah di lokasi tersebut.

Langkah 5 : Persiapan Peralatan

Siapkan alat-alat yang dibutuhkan dalam proses pembuatan sumur bor ini. Pasang mata bor di salah satu ujung pipa bor, sedangkan ujung pipa bor yang satunya lagi dipasangi swivel head. Lalu pasang selang penghantar di swivel head dan ujung lainnya dipasang pada mesin pompa. Pasang juga selang penghisap ke mesin pompa serta ujung selang yang masuk ke air dipasangi dengan saringan.

Kemudian masukkan selang yang telah dipasangi saringan ini ke dalam bak penampungan air. Lakukan pengecekan sebelum Anda menyalakan mesin pompa dengan cara mengisi pompa tersebut memakai air serta jangan lupa cek kondisi oli dan ketersediaan bahan bakarnya. Kini saatnya menggunakan rangkaian pipa bor dengan memasukkannya ke lubang pendahuluan.

Langkah 6 : Pelaksanaan Pengeboran

Mulailah dengan menghidupkan mesin bor. Setelah air sudah mampu dihisapnya dan masuk ke pipa melalui swivel head, Anda bisa memutar pipa bor tersebut menggunakan kunci trimo dengan gerakan searah jarum jam sambil agak ditekan ke bawah. Tampung air yang keluar dari lubang pengeboran tadi pada kolam penampungan yang sudah disediakan. Sedangkan lumpur dan bebatuan yang terbawa bersamaan dengan air otomatis akan mengendap di dasar kolam. Kombinasi antara putaran dan tekanan mesin bor dengan semburan air menyebabkan terbentuknya lubang yang semakin dalam.

Langkah 7 : Pemasangan Pipa Sambungan

Setelah pipa bor berhasil masuk dengan sempurna ke dalam lubang pengeboran, Anda bisa memasukkan pipa sambungan yang berikutnya. Selama proses penancapan pipa sambungan ini mesin bor wajib dalam kondisi mati. Lalu setelah posisi pipa sambungan sudah cukup mantap, Anda bisa menyalakan lagi mesin bor sampai pipa tersebut mencapai tingkat kedalaman yang sudah direncanakan. Begitu seterusnya untuk pipa-pipa sambungan yang berikutnya hingga didapatkan air yang layak pakai.

Langkah 8 : Pembersihan Air Sumur

Setelah dirasa pipa sambungan sudah mencapai lapisan air tanah yang bagus, Anda bisa menghentikan proses pembuatan sumur ini. Tahap selanjutnya adalah membersihkan lubang sumur yang telah terbentuk. Caranya ialah dengan memompa air sumur kembali memakai mesin pompa air sampai air yang keluar dari pipa bor terlihat cukup jernih dan tidak mengandung lumpur.

Langkah 9 : Penyelesaian Akhir

Buka swivel head dari posisinya dan cabut juga pipa bor tersebut. Siapkan casing yang bakal dipasang di lubang pengeboran. Sebelum dipasang pada tempatnya, buat dua lubang pada casing tersebut dengan posisi yang saling berhadapan namun terpisah dari ujung atas hingga ke ujung terbawah. Gunakan gergaji pipa untuk membentuk lubang-lubang tadi dengan posisi yang miring, bukan tegak lurus sehingga kedua lubang tidak akan bertemu dan struktur pipa casing pun tetap kuat dan tidak terputus.