Cara Membuat Papan Nama dari Kayu

Bagaimana cara membuat papan nama dari kayu? Kita memerlukan sebuah papan nama agar orang lain bisa mengetahui nama kita dengan cepat tanpa perlu bertanya terlebih dahulu. Di samping itu, papan nama juga bisa menjadi penghias ruangan yang eye-catching sekaligus menciptakan kesan profesionalisme pada diri kita. Jadi pastikan Anda sudah mempunyai papan nama yang tergantung di salah satu sudut ruangan.

Tak hanya sebatas itu, papan nama juga bisa menjadi hiasan dinding yang bisa digunakan untuk memperindah desain rumah Anda. Contohnya yaitu Anda bisa menggunakan papan nama berisi informasi alamat dan nomor rumah yang digantungkan di teras, papan nama tentang silsilah keluarga akan menjadi hiasan penuh makna di ruang keluarga, atau papan nama bertuliskan nama putra dan putri Anda pasti akan sangat disukainya.

cara-membuat-papan-nama.jpg

Mungkin Anda mengira proses pembuatan papan nama ini rumit sekali karena belum pernah mencoba mengerjakannya sendiri. Sebenarnya untuk membuat papan nama ini tidak terlalu susah kok. Kami yakin Anda pun pasti dapat melakukannya sendiri asalkan ada niat dan kemauan yang kuat. Modal selanjutnya yang Anda butuhkan adalah peralatan pendukung dan bahan-bahan baku untuk membikin papan nama dari kayu.

Alat-alat yang digunakan :

  • Gergaji
  • Tang
  • Kuas
  • Ampelas
  • Paku
  • Pembakar kayu
  • Bor listrik

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • Kayu untuk dasar
  • Kayu untuk huruf
  • Kertas
  • Lem kayu
  • Paku gantungan
  • Minyak tanah

Langkah-langkah proses pembuatan :

  1. Kita siapkan terlebih dahulu papan kayu yang akan digunakan sebagai dasar landasan huruf-huruf. Kami sarankan pakailah kayu pinus, kayu jati, atau kayu suren karena memiliki pola yang sangat mencolok. Untuk menimbulkan efek dramatis, Anda bisa membakar bagian pinggir papan kayu tersebut secukupnya.
  2. Kita siapkan pula papan kayu yang akan dipotong menjadi huruf. Anda bisa menggunakan kayu pinus atau kayu lame untuk keperluan ini. Selanjutnya kayu tadi dijemur di bawah sinar matahari langsung sampai benar-benar kering untuk mempermudah dalam pemotongannya.
  3. Kita buat cetakan huruf dari kertas. Bukalah Adobe Photoshop di komputer Anda. Lalu buatlah susunan huruf dari A sampai Z. Pilih jenis font yang sesuai dengan tema papan nama yang ingin dibuat. Jangan lupa atur ukurannya dengan baik. Setelah itu, print out gambar yang telah Anda buat. Guntinglah hasil print sehingga bisa dipakai untuk cetakan.
  4. Tentukan tulisan yang ingin Anda buat di papan nama. Lalu gunakan cetakan kertas di atas untuk menuliskan huruf-huruf di atas papan. Hati-hati saat mencetak huruf di atas papan kayu. Pastikan polanya sudah terlukis dengan benar dan jelas. Lanjutkan pekerjaan ini untuk membuat seluruh huruf yang Anda butuhkan.
  5. Siapkan gergaji kecil yang biasa dipakai untuk memotong tripleks. Tujuannya supaya hasil potongan lebih halus dan tidak ada retakan yang timbul. Potonglah papan kayu menggunakan gergaji tersebut sesuai dengan pola yang telah dibuat. Untuk membuat lubang di dalam huruf, Anda bisa memakai bor listrik supaya hasilnya rapi.
  6. Saatnya menghaluskan permukaan kayu menggunakan ampelas. Anda bisa memanfaatkan ampelas dari ukuran yang kasar terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan ukuran yang halus. Gosoklah permukaan kayu memakai ampelas dengan gerakan searah. Semua sudut kayu yang dipakai wajib diampelas tanpa terkecuali.
  7. Bersihkan permukaan seluruh kayu terlebih dahulu. Oleskan lem kayu secukupnya di bagian belakang kayu untuk huruf. Lalu dengan hati-hati Anda bisa menempelkan kayu huruf tadi di atas papan kayu pada posisinya. Pastikan posisinya sudah benar, kemudian lanjutkan dengan menempelkan huruf-huruf yang lainnya.
  8. Biarkan papan nama yang sudah setengah jadi ini mengering dengan sendirinya. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih sekitar 1-2 jam. Anda cukup mengangin-anginkannya saja di tempat yang teduh. Jangan pernah menjemur papan tersebut di bawah terik matahari langsung karena justru dapat merusak strukturnya.
  9. Anda bisa memberikan finishing agar papan nama yang dibuat kelihatan semakin menarik. Pakailah pelitur untuk menciptakan kesan tradisional, klasik, dan otentik. Sedangkan bila Anda lebih menyukai tampilan yang modern dan bersih, hiasi papan nama tersebut memakai cat kayu berwarna putih atau warna-warni pastel.
  10. Tahap terakhir adalah memasang gantungan berupa paku ulir tepat di bagian atas papan nama. Tancapkan paku tersebut secara hati-hati supaya tidak menimbulkan keretakan. Setelah itu, Anda tinggal memasang papan nama ini di tempat yang dikehendaki seperti di pintu ruangan atau meja kerja.