Sipil
Dec4

Cara Membuat Denah Lokasi Rumah dengan Microsoft Word

Ingin membuat denah lokasi rumah dengan Microsoft Word 2007? Denah adalah gambar yang menunjukkan letak kota, jalan, dan sebagainya. Denah juga bisa diartikan sebagai gambar rancangan untuk rumah, bangunan, dan lain-lain. Pada kesempatan kali ini, kita akan bersama-sama membuat denah berupa gambar yang menunjukkan lokasi rumah.

Ada banyak software yang dapat digunakan untuk menggambar denah lokasi suatu rumah. Salah satunya yaitu Microsoft Word 2007. Yap, software pengolah kata ini ternyata cukup handal dipakai untuk membikin denah. Malahan karena kita sudah familiar dengan tampilan antarmukanya, pengerjaan denah pun menjadi lebih gampang.

Pada dasarnya, proses pembuatan denah di software Microsoft Word dilakukan dengan memanfaatkan fitur Line. Garis-garis tersebut dihubungkan dan disusun sedemikian rupa sehingga membentuk suatu peta jalanan. Sedangkan untuk keterangan penunjuk arahnya, Anda bisa memanfaatkan fitur Symbols khususnya untuk tipe font Webdings dan Wingdings.

Ikuti panduan membuat denah lokasi suatu rumah menggunakan Microsoft Word dari Arafuru berikut ini!

  1. Bukalah Microsoft Word dengan cara klik Start » All Programs » Microsoft Office » Microsoft Word 2007

    denah.jpg

  2. Buat garis dengan memanfaatkan fitur Line. Caranya ialah klik Insert » Shapes » Line

    membuat-denah.jpg

  3. Susun garis-garis tersebut sedemikian rupa hingga membentuk suatu peta jalan. Perhatikan contoh gambar di bawah ini.

    cara-membuat-denah.jpg

  4. Tambahkan simbol tentang bangunan-bangunan yang terkenal di sekitar lokasi untuk mempermudah pembaca dalam mengetahui arah. Adapun caranya klik Insert » Symbols » pilih simbol sesuai kebutuhan

    cara-membuat-denah-lokasi.jpg

  5. Saatnya mengatur posisi simbol tadi. Pastikan letak simbol bangunan tersebut dibuat semirip mungkin dengan posisi kenyataan. Jangan lupa berikan keterangan di bawahnya.

    cara-membuat-denah-lokasi-rumah.jpg

  6. Dan akhirnya sebuah denah lokasi rumah pun selesai dibuat. Kurang lebih hasilnya seperti berikut.

    denah-lokasi-rumah.jpg

  7. Kalau ini adalah contoh gambar denah yang sudah berhasil dicetak.

    contoh-denah-surat-undangan.jpg

Bagaimana gampang sekali ternyata kan untuk membuat denah rumah sendiri? Terang saja karena Microsoft Word 2007 sudah menyediakan fitur-fitur tersebut secara lengkap. Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin melampirkan denah ke dalam surat undangan. Selamat mencoba.