Sipil
Jul14

Cara Membuat Batu Alam Mengkilap

Bagaimana cara membuat batu alam mengkilap? Banyak rumah yang kini menggunakan batu alam. Material yang satu ini terbukti sanggup menghadirkan kesan alami yang sangat kuat. Pilihannya pun cukup banyak. Mulai dari batu andesit, batu paras, sampai batu koral yang berwarna-warni. Anda yang menginginkan tempat tinggal yang bernuansa natural sesuai keinginan tentunya bakal lebih dimudahkan.

Sayangnya batu alam bisa mengalami pelapukan seiring dengan usia pemasangannya. Kalau sudah begini, batu alam yang semula tampak indah akan menjadi kusam dan kurang menarik. Struktur batu tersebut pun lama-kelamaan berkurang dimakan oleh zaman. Anda harus memperbaikinya sesegera mungkin untuk mengembalikan daya tarik serta kilauannya. Cara yang paling efektif ialah mengaplikasikan coating pada permukaan batu alam tersebut.

membuat-batu-alam-mengkilap.jpg

Menurut kesan yang ditimbulkannya, terdapat dua jenis coating yang sering digunakan untuk batu alam. Di antaranya yaitu coating gloss dan coating doff. Coating gloss akan memberikan efek mengkilap pada permukaan batu alam sehingga menimbulkan kesan mewah. Sedangkan coating doff menghasilkan tampilan solid tapi tidak mengkilap. Coating seperti ini cocok sekali digunakan untuk menciptakan panorama yang kokoh dan kuat.

Sementara itu, coating batu alam berdasarkan bahan pelarut yang dipakai juga dapat dikelompokkan menjadi dua macam. Ada coating solvent base serta coating water base. Coating solvent base menggunakan bahan pelarut khusus yang berjenis minyak untuk mengencerkannya. Berbeda dengan coating water base yang memakai bahan pelarut dari air. Kebanyakan coating solvent base mempunyai kualitas yang lebih baik dengan daya tahan yang lebih awet daripada coating water base.

Jadi untuk membuat batu alam di rumah Anda mengkilap, Anda harus menggunakan coating solvent base tipe gloss untuk melapisi permukaannya!

Alat dan Bahan :

  • Xylene (coating)
  • Acrylic thermoplastic¬†(resin)
  • Dye (pewarna) opsional
  • Wadah
  • Pengaduk
  • Kuas
  • Kain lap

Langkah-langkah :

  1. Siapkan semua bahan yang Anda butuhkan di atas. Anda bisa membelinya di toko bangunan atau toko yang menjual batu alam terdekat. Kalau tidak ada, silakan bisa membelinya secara online di toko milik kami. Adapun bahan Dye bersifat opsional yang bisa Anda gunakan untuk menimbulkan warna hitam dan mengkilap.
  2. Tuangkan Xylene ke dalam wadah secukupnya sesuai kebutuhan. Lalu tambahkan resin Acrylic thermoplastic. Perbandingan antara Xylene dan Acrylic thermoplastic adalah 6:4. Agar terbentuk larutan yang sempurna, Anda sebaiknya menambahkan Acrylic thermoplastic sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  3. Aduklah semua bahan di atas supaya terbentuk larutan yang tercampur rata. Pastikan pula tidak ada bahan yang menggumpal. Bila perlu, aduk terus campuran bahan-bahan ini selama 1-3 menit. Kerataan campuran juga berpengaruh besar terhadap kualitas coating dan hasilnya pada permukaan batu alam.
  4. Untuk mengaplikasikan coating ke batu alam sebenarnya mudah sekali, namun tetap membutuhkan keterampilan dan ketelitian yang tinggi. Kurang lebih metodenya sama seperti memplitur kayu. Anda bisa menggunakan kuas untuk mengoleskan cairan coating ke permukaan batu alam. Kalau ingin membentuk lapisan coating yang tipis dan rata, Anda bisa memakai kain lap yang berserat halus sebagai pengganti kuas.
  5. Sebaiknya ulangi proses penerapan bahan coating pada permukaan batu alam sebanyak 2-3 kali. Lapisan pertama berfungsi untuk menutupi pori-pori batu alam dan melindunginya. Kemudian lapisan kedua, ketiga, dan seterusnya berguna untuk menimbulkan kesan kilauannya. Namun ingat, untuk mengaplikasikan lapisan coating selanjutnya, Anda harus menunggu sampai lapisan coating sebelumnya mengering terlebih dahulu.