Sipil
Jan19

Cara Memasang TV LED di Dinding

cara-memasang-tv-led.jpg

Bagaimana cara memasang TV LED di dinding? Pekerjaan ini sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Anda yang baru pertama kali mengerjakannya pun kami rasa pasti bisa langsung berhasil. Kunci utamanya yaitu Anda harus mengikuti instruksi pemasangan TV LED di tembok yang tercantum di dalam buku manual yang menyertai produk. Ikutilah panduan tersebut dengan baik karena pihak pabrik telah mempertimbangkannya secara matang.

Anda membutuhkan sebuah braket televisi sebagai penahan TV LED ketika dipasang di dinding. Braket televisi ini biasanya dijual secara terpisah dari produk TV LED. Dengan kata lain, Anda harus membelinya sendiri. Pilihlah produk braket televisi yang original sehingga kualitasnya benar-benar terjamin. Braket yang Anda pilih juga perlu disesuaikan dengan tipe TV LED yang Anda miliki. Jangan sampai salah dalam memilih braket televisi!

Alat dan bahan yang digunakan :

  • TV LED
  • Braket televisi
  • Meteran
  • Kunci inggris
  • Pensil
  • Palu
  • Bor listrik

Langkah-langkah cara pemasangan :

  1. Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa dinding yang akan dipasangi braket cukup kuat dalam menahan beban televisi. Pastikan di bagian dalam dinding tersebut tidak tertanam kabel listrik atau besi beton. Khusus untuk dinding gypsum, pastikan terdapat penyangga kayu tepat di belakang bidang dinding yang akan dilubangi.
  2. Tentukan posisi tepatnya di mana televisi Anda akan dipasang di dinding. Ukurlah ketinggiannya dari permukaan lantai yang disesuaikan dengan posisi tubuh dan jarak saat menonton. Pastikan televisi Anda terpasang pada posisi yang benar sehingga semua orang yang menontonnya akan merasa nyaman.
  3. Berikan tanda pada posisi pemasangan TV LED yang telah diputuskan. Gunakan pensil untuk membuat tanda berupa titik-titik pemasangan piringan braket. Cek sekali lagi untuk memastikan posisinya tidak miring dengan menempelkan piringan braket ke bidang dinding tersebut. Anda juga bisa menggunakan waterpass bila dirasakan perlu.
  4. Buatlah lubang-lubang tepat di tanda titik-titik yang telah Anda buat di atas. Di sini Anda bisa mengandalkan bor listrik yang dilengkapi dengan mata bor khusus. Sesuaikan ukuran mata bor yang dipakai dengan ukuran baut yang melengkapi produk braket televisi. Lakukan pengeboran dinding secara hati-hati.
  5. Masukkan fischer ke dalam dinding melalui lubang yang telah dibuat sebagai penahan baut. Kemudian pasang piringan braket pada posisi yang tepat. Tahan posisi piringan braket tersebut dengan memasang baut yang disediakan. Kencangkan baut memakai kunci inggris. Periksa untuk memastikan piringan braket telah terpasang kuat.
  6. Pekerjaan selanjutnya ialah memasang dua buah tiang braket yang berfungsi untuk menyangga TV LED. Pasanglah kedua tiang penyangga tersebut pada posisi yang sejajar. Anda bisa memasangnya pada lubang yang ada di belakang televisi menggunakan baut yang sesuai. Kencangkan memakai obeng plus.
  7. Langkah terakhir yaitu memasang TV LED pada braket yang telah terpasang di dinding. Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk mengangkat televisi. Pasanglah TV LED tersebut pada piringan braket dengan posisi yang sejajar. Setelah itu, Anda bisa mengunci baut braket yang terletak di bagian bawah sehingga TV LED Anda terpasang kuat dan aman.