Sipil
Jan9

Cara Memasang Lemari Gantung di Dapur

Di dapur, lemari gantung berfungsi sebagai tempat penyimpanan alat dan perabotan masak-memasak. Lemari ini sengaja dipasang secara menggantung di dinding dengan tujuan untuk menghemat ruang horisontal dan memanfaatkan area vertikal. Posisinya yang berada sejajar dengan indera penglihatan juga membantu memudahkan kita dalam menemukan barang-barang yang dicari di dalam lemari.

memasang-lemari-gantung.jpg

Pada dasarnya, pemasangan lemari gantung dilakukan dengan menyambungkannya langsung kerangka bagian belakang lemari menempel ke dinding menggunakan sekrup. Oleh sebab itu, mutu kerangka bagian belakang lemari tersebut pun harus dipastikan kekuatannya agar mampu menahan beban dengan baik. Apabila sampai roboh, hal ini tentu tidak hanya akan memporakporandakan seisi dapur di rumah, tetapi juga dapat membahayakan para penghuninya. Jadi poin yang terpenting dalam perkerjaan kali ini adalah memastikan dinding dan kerangka dapat berkerjasama dengan baik dalam menopang lemari gantung beserta seisinya.

Alat dan Bahan :

  • Sekrup
  • Fischer
  • Waterpass
  • Pulpen
  • Martil
  • Obeng
  • Bor listrik
  • Mata bor kayu
  • Mata bor beton

Langkah-langkah :

  1. Buat lubang sebanyak empat buah di keempat sudut kerangka bagian belakang lemari memakai bor listrik yang telah dipasangi mata bor kayu. Anda bisa memilih ukuran mata bor yang tepat sesuai dengan ukuran sekrup yang bakal digunakan.
  2. Posisikan lemari sedemikian rupa menempel ke dinding dapur sesuai dengan kedudukan yang Anda inginkan. Periksa tingkat kerataan posisi sementara lemari tersebut menggunakan waterpass. Apabila sudah rata, Anda bisa memberikan suatu tanda memakai pulpen pada titik-titik yang nantinya akan dipasangi sekrup. Turunkan kembali posisi lemari dan letakkan di ruangan yang aman.
  3. Saatnya untuk membuat lubang di tembok untuk tempat penanaman fischer. Pasanglah mata bor beton pada bor listrik tersebut, lalu lubangi bidang dinding pada tanda yang sudah dibuat tadi. Ulangi langkah ketiga ini sampai proses pembuatan keempat lubang penanaman fischer selesai.
  4. Pasanglah semua fischer dengan memasukkannya ke dalam lubang yang telah dibuat pada langkah di atas. Perkuat daya cengkeramannya dengan memukul fischer tersebut beberapa kali menggunakan martil hingga keseluruhan bagiannya rata dengan permukaan dinding.
  5. Pasang lemari di posisi yang sudah direncanakan semula. Pastikan letak keempat lubang pada lemari berada persis di depan fischer yang sudah tertanam di dinding. Pertahankan posisi ini dan jangan sampai berubah.
  6. Ambil sekrup lalu pasanglah melalui lubang yang ada di lemari untuk menempelkannya dengan fischer. Kencangkan sekrup tersebut menggunakan obeng sampai daya ikat keduanya benar-benar kuat.
  7. Lepaskan pegangan lemari gantung secara hati-hati. Periksa sekali lagi kekuatan lemari gantung tersebut, terutama kerangka bagian belakang lemari dan tingkat kekokohan dinding. Apabila kedudukannya sudah mantap, berarti proses pemasangan lemari gantung yang Anda kerjakan telah berhasil dirampungkan dengan baik.

Selamat mencoba!