Sipil
Dec22

Cara Memasang Lantai Vinyl untuk Pemula

Apakah Anda membutuhkan panduan untuk memasang lantai vinyl? Ada beberapa jenis bahan bangunan yang dapat menjadi alternatif lantai selain keramik. Salah satunya yaitu lantai vinyl. Lantai vinyl merupakan lantai yang terbuat dari PVC (Polyvinyl chloride). Sebagai lantai buatan, ada beragam corak yang dimiliki oleh lantai ini seperti kayu, batu, tanah, semen, dan batubata.

Kelebihan utama dari lantai vinyl ialah daya tahannya yang tinggi terhadap segala macam cuaca. Lantai ini tidak mudah rusak oleh panas matahari serta genangan air. Rayap dan tikus pun enggan menggerogoti lantai vinyl karena notabene bahan bakunya berupa bahan-bahan kimia. Proses pemasangan lantai ini juga bisa dikatakan sangatlah mudah. Tidak percaya? Buktikan sendiri!

cara-memasang-lantai-vinyl.jpg

Berikut ini panduan yang dapat Anda jadikan sebagai pedoman dalam memasang lantai vinyl :

Alat dan Bahan :

  • Lantai vinyl
  • Lem kuning (solvent base adhesive)
  • Cutter
  • Penggaris logam
  • Meteran
  • Penggaris siku
  • Roller
  • Kuas

Langkah-langkah :

  1. Persiapkan ruangan yang akan dipasangi lembaran-lembaran lantai vinyl. Ruangan tersebut harus memiliki lantai yang permukaannya rata dan kondisinya bersih. Anda bisa membuat lantai semen terlebih dahulu, kemudian sapu dan pel permukaannya untuk membersihkan lantai tersebut. Biarkan lantai ini selama 24 jam agar kondisinya benar-benar kering.
  2. Keesokan harinya, Anda bisa membagi lantai ruangan menjadi empat bagian. Pisahkan bagian-bagian tersebut menggunakan dua utas tali yang dibentangkan membentuk tanda plus (+). Jadi setiap tali memisahkan dua sisi ruangan sama persis. Bentangan tali ini nantinya berfungsi sebagai pedoman dalam menyusun lembaran-lembaran lantai vinyl agar komposisinya sama rata.
  3. Siapkan lembaran-lembaran lantai vinyl yang sudah Anda beli. Pastikan semua lembaran ini memiliki ukuran dan bentuk yang sama persis sehingga pemasangan lantai vinyl nantinya bisa menghasilkan susunan yang presisi. Jika ada lantai vinyl yang ukurannya melenceng dari yang lain, Anda dapat memotongnya menggunakan cutter yang dilandasi dengan penggaris logam.
  4. Oleskan lem kuning secukupnya di atas permukaan lantai semen menggunakan kuas. Kemudian oleskan juga lem tersebut di permukaan lantai vinyl bagian bawah. Tunggu selama beberapa saat agar kondisi lem tersebut agak mengering. Barulah Anda bisa menempelkan lembaran lantai vinyl di atas lantai semen. Berikan tekanan sedikit supaya lantai vinyl tadi bisa menempel dengan kuat.
  5. Lakukan pemasangan lembaran-lembaran lantai vinyl tadi dengan mengikuti pedoman dari bentangan tali. Usahakan lantai vinyl dipasang mulai dari bagian tengah menuju ke bagian pinggir ruangan. Pastikan ikatan yang terbentuk benar-benar rata. Apabila ada bagian yang menggelembung, Anda harus meratakannya secepat mungkin. Ulangi pekerjaan ini hingga seluruh bagian lantai ruangan tertutupi oleh lembaran lantai vinyl.
  6. Finishing bertujuan untuk menyempurnakan hasil pekerjaan Anda. Caranya yaitu bersihkan seluruh permukaan lantai vinyl yang sudah terpasang, terutama dari bekas lem yang meluber. Disarankan mengoleskan lem finishing yang memiliki warna senada dengan warna lantai vinyl di sela-sela susunan lembaran. Hal ini bertujuan untuk mengaburkan keberadaan celah-celah tersebut sehingga lantai vinyl terlihat seperti terbentang secara luas.