Cara Memasang Keramik di Anak Tangga

Bagaimana cara memasang keramik di anak tangga? Ini merupakan salah satu pekerjaan yang cukup rumit, di mana Anda diharuskan memasang kepingan-kepingan keramik satu per satu di susunan anak tangga dengan rapi. Bukan perkara soal gampang atau susah. Di sini Anda membutuhkan lebih dari sekadar teknik untuk dapat memasang keramik dengan benar. Yap, keterampilan dan pengalaman Anda akan sangat membantu keberhasilan pekerjaan yang satu ini.

Proses pemasangan keramik di anak tangga sebenarnya masih sama seperti memasangnya di lantai atau dinding. Anda bisa menempelkan keramik-keramik tersebut menggunakan adukan perekat dari campuran semen, pasir, dan air. Namun tingkat kesulitan pekerjaan ini jauh lebih tinggi karena ada lebih banyak bidang yang perlu diperhatikan kerataannya. Salah satunya yang paling penting ialah bidang pertemuan antara keramik yang terpasang secara mendatar dan keramik yang berdiri tegak.

cara-memasang-keramik-tangga.jpg

Ada sebuah teknik yang dinamakan adu manis untuk mempermudah pemasangan keramik di bidang pertemuan tadi. Dengan mengaplikasikan teknik adu manis ini, keramik-keramik dapat terpasang dengan kuat di bidang pertemuan dan penampilannya pun rapi. Teknik dasarnya yaitu Anda perlu membentuk sudut 45 derajat terlebih dahulu di masing-masing sisi keramik yang akan dipertemukan. Sehingga ketika dipasang nanti sudut pertemuan keramik tersebut akan membentuk seperti ujung pigura.

Berikut ini panduan untuk Anda dalam memasang keramik di anak tangga!

Langkah I. Bentuk Sudut Keramik

Anda perlu membentuk pinggulan dengan sudut 45 derajat di bagian pinggir keramik yang nantinya akan dipertemukan. Pastikan sudut yang dibuat tersebut sudah pas dengan mempertemukan kedua sisi pinggir keramik pada bidang yang datar. Jika kedua sisi pinggir keramik dapat bertemu dengan pas artinya Anda sudah berhasil dalam membentuk sudut pinggulnya. Namun bila masih ada celah atau ganjalan, Anda perlu menyempurnakan sekali lagi bentuk sudutnya.

Langkah II. Terapkan Adukan Semen

Pemasangan keramik di anak tangga harus dimulai dari bagian tangga yang paling atas. Berikan adukan semen pada bidang kerja yang akan dipasangi keramik. Lalu pasang keramik yang mendatar terlebih dahulu. Kemudian Anda bisa memberikan juga adukan semen di bagian vertikal/bagian yang berdiri tegak. Khusus di bagian ini harus diikuti dengan pemberian bubuk semen kering supaya kondisi adukan perekat tidak terlalu basah. Sehingga pada saat keramik diketuk-ketuk untuk meratakan permukaannya nanti, adukan tersebut tidak berjatuhan ke bawah. Adukan semen yang berjatuhan akan mengakibatkan keramik menjadi kopong sehingga gampang pecah.

Langkah III. Pasang Keramik di Posisinya

Langkah selanjutnya adalah menempelkan keramik yang terpasang secara vertikal/berdiri tegak. Tetapi sebelumnya, Anda perlu menaburkan bubuk semen kering secukupnya ke bagian belakang keramik tersebut agar lebih cepat menempel. Pasang keramik tepat di posisi yang telah ditentukan. Kemudian lakukan pengukuran kembali posisinya dengan benang acuan apakah sudah benar atau belum. Setelah posisinya sudah sesuai, ketuklah keramik supaya dapat menempel dengan baik. Pasang ganjalan berupa batu atau paku di bawah keramik untuk menahan sementara posisinya agar tidak turun

Langkah IV. Periksa Bagian Adu Manis

Anda harus memastikan bagian pertemuan sudut keramik yang dibuat menggunakan teknik adu manis sudah benar-benar rapi dan rata. Gunakan waterpas untuk memeriksa tingkat kerataan permukaan bidang tersebut. Jika hasilnya bagus, Anda bisa melanjutkan pekerjaan dengan memasang keramik-keramik yang lain di anak tangga bagian bawahnya. Setelah keramik terpasang, jangan lupa untuk selalu mengecek kerataannya menggunakan waterpas. Begitu seterusnya sampai seluruh anak tangga berhasil dipasangi keramik.

Langkah V. Aplikasikan Nat secara Melingkar

Anda harus mengaplikasikan nat untuk memperindah susunan keramik yang telah terpasang. Silakan gunakan bahan nat khusus atau semen putih untuk melakukan keperluan yang satu ini. Penerapan nat pada susunan keramik di anak tangga berbeda dengan lantai atau dinding. Terapkan adukan nat tersebut dengan dibentuk sedikit melingkar agar aman, sudutnya tidak tajam, dan tampil lebih menarik.