Cara Memasang Karpet Genteng yang Benar

Bagaimana cara memasang karpet genteng yang benar? Karpet genteng adalah sebuah karpet berbahan kedap air yang memiliki fungsi mirip seperti genteng yakni material penutup atap. Karpet ini bisa dipasang di perbatasan antara genteng dan dinding bangunan. Tujuannya untuk mencegah adanya rembesan air di area perbatasan tersebut. Karpet genteng merupakan bahan yang paling banyak digunakan sebagai talang.

Anda bisa membeli karpet genteng di toko bangunan terdekat. Kalau secara grosir, pembelian karpet ini dihitung berdasarkan roll. Kadang-kadang ada pula toko bangunan yang melayani pembelian secara eceran berdasarkan ukuran meter. Harganya mulai dari Rp 4.500 sampai Rp 7.500 per meter menurut ketebalan serta luas penampangnya. Umumnya karpet genteng yang berwarna merah dijual dengan harga yang lebih tinggi daripada karpet hitam.

cara-memasang-karpet-genteng.jpg

Karpet genteng dipakai untuk bahan baku pembuatan talang air. Fungsinya ialah menampung air hujan yang jauh di atap bangunan kemudian mengalirkannya ke bawah melalui saluran air yang tersedia. Dengan adanya talang air tersebut, maka air hujan bisa jatuh secara aman. Tak ada air yang rembes melalui genteng atau jatuh ke dinding sehingga membuat permukaannya mudah kotor. Air hujan akan jatuh sesuai perencanaan kita.

Secara tidak langsung, karpet genteng juga turut mempengaruhi penampilan desain eksterior rumah secara keseluruhan. Adanya karpet tersebut akan mempercantik tampilan rumah Anda dari sisi eksterior. Bagian atap dan dinding bangunan bisa menyatu dengan baik berkat adanya talang. Area dinding pun bisa diisi oleh talang sehingga tampak lebih menarik serta berkarakter karena tidak kelihatan terlalu polos.

Adapun tata cara pemasangan karpet genteng sebagai talang air adalah sebagai berikut!

  1. Mula-mula Anda perlu memasang rangka talang terlebih dahulu. Anda bisa membuat rangka ini dari bahan kayu. Kegunaan rangka ini adalah sebagai penopang karpet genteng sehingga bisa dipasang dengan baik.
  2. Rangka talang air harus dipasang sebaik-baiknya sebab rangka tersebut akan sangat menentukan keberhasilan karpet dalam meneruskan air hujan. Rangka harus dipasang dengan kemiringan tertentu sehingga air hujan yang jatuh bisa langsung mengalir turun secara lancar, tidak terhambat, dan tanpa menimbulkan masalah.
  3. Setelah rangka talang air sudah terpasang, selanjutnya Anda tinggal memasang karpet genteng di atasnya. Caranya Anda tinggal menghamparkan karpet tersebut di atas rangka serapi mungkin layaknya sedang memasang karpet. Lalu perkuat ikatannya dengan memasang paku, lem, atau selotip khusus.
  4. Karpet genteng yang telah selesai dipasang bisa diperiksa apakah sudah terpasang dengan sempurna atau belum. Cobalah mengalirkan air di atas karpet tersebut lalu pantau aliran airnya. Pastikan air bisa mengalir secara lancar di atas karpet genteng dan tidak rembes/bocor di bagian bawahnya.
  5. Jika pemasangan karpet genteng sudah dinilai bagus, selanjutnya Anda tinggal merapikannya saja. Pasanglah beberapa genteng untuk menutupi area pinggir karpet tersebut yang berhubungan dengan bagian atap sehingga tidak ada lubang yang terbentuk. Sampai di sini, pemasangan karpet genteng dianggap sudah selesai.