Sipil
Oct12

Cara Memasang Dynabolt pada Tembok

Bagaimana cara memasang dynabolt pada tembok? Dynabolt adalah alat yang dapat digunakan untuk memasang suatu benda pada tembok. Saat ini, dynabolt sudah dirancang dengan beragam bentuk dan bahan baku sehingga dapat disesuaikan menurut kebutuhan.

Pemasangan dynabolt secara prinsip dilakukan dengan menanamkannya ke dalam tembok. Anda bisa menggunakan mesin bor untuk membantu kelancaran pekerjaan ini. Setelah lubang terbentuk dengan pas, barulah dynabolt dipasangkan. Terakhir, Anda tinggal memasangkan sekrup yang menjadi penahan objek tersebut.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan dynabolt, antara lain :

  1. Ukuran kedalaman lubang yang perlu dibentuk pada tembok
  2. Ukuran ketebalan dynabolt yang digunakan
  3. Kesesuaian antara diameter dynabolt, berat objek, dan mutu tembok
  4. Proses pemasangan yang tepat
  5. Pemasangan sekrup dan kunci ring

cara-memasang-dynabolt.jpg

Biar Anda bisa mengerjakan pemasangan dynabolt di dinding secara benar, pelajari panduannya sebagai berikut!

Alat dan Bahan :

  • Dynabolt
  • Sekrup
  • Paku
  • Obeng
  • Mesin bor
  • Palu
  • Pensil

Langkah-langkah :

  1. Lakukan pengukuran lubang yang akan dibuat pada tembok dengan menyesuaikannya terhadap ketebalan tembok tersebut. Buatlah tanda menggunakan pensil tepat pada titik yang akan dibor untuk membantu proses pengeboran supaya tidak meleset.
  2. Untuk mempemudah mata bor menembus tembok, buat lubang awal terlebih dahulu. Caranya yaitu menanamkan ujung paku tepat pada titik yang telah ditentukan. Kemudian cabut paku tadi kembali.
  3. Pastikan dynabolt yang digunakan sesuai dengan beban benda yang akan ditahannya dengan menyesuaikan ukuran dynabolt tersebut. Semakin besar ukuran dynabolt, semakin besar pula beban yang dapat disangga.
  4. Saatnya membuat lubang pada tembok menggunakan mesin bor. Usahakan tingkat kedalaman lubang yang dibuat sesuai dengan panjang dynabolt yang akan ditanamkan ke dalamnya.
  5. Pasanglah dynabolt ke dalam lubang bor yang sudah dibuat tadi dengan cara memasukkannya hingga penuh. Usahakan posisi dynabolt ini sudah memenuhi isi lubang dan tidak mudah goyah.
  6. Kemudian pasangkan sekrup ke lubang pada dynabolt. Lalu kencangkan kedudukannya menggunakan kunci ring. Semakin kencang Anda memasang sekrup tadi, maka wujud dynabolt pun akan semakin mekar sehingga mampu mencengkeram dinding secara lebih kuat.