Sipil
Oct20

Cara Memasang Bracket TV LCD dan LED

Bagaimana cara memasang bracket TV LCD dan LED? Pada dasarnya, siapa pun bisa melakukan pekerjaan ini karena prosesnya terhitung sangat mudah. Apalagi setiap produsen juga telah memberikan panduan langkah-langkah pemasangan bracket buatannya di buku manual yang melengkapi produk TV LCD dan LED. Jadi Anda tinggal mengikuti saja instruksi tersebut.

Terdapat dua pekerjaan yang harus diperhatikan dalam menempelkan bracket (penyangga) TV di dinding. Pekerjaan yang pertama adalah memasang bagian piringan (wall plate) dengan menempelkannya langsung ke dinding ruangan. Pekerjaan yang kedua ialah memasang 2 buah tiang penyangga pada lubang yang ada di belakang televisi sehingga bracket yang memegangi televisi bisa disangga oleh wall plate.

cara-memasang-bracket-tv.jpg

Berikut ini panduan pemasangan bracket televisi untuk pemula :

Alat dan Bahan yang dibutuhkan :

  • Bracket set
  • Obeng
  • Kunci inggris
  • Meteran
  • Dynabolt
  • Palu
  • Paku
  • Pensil
  • Bor listrik
  • Waterpass

Langkah-langkah pengerjaan :

  1. Tentukan posisi peletakan televisi pada dinding. Atur ketinggiannya agar sesuai dengan posisi tubuh ketika menonton sehingga terasa nyaman. Berilah tanda berupa empat titik di mana dynabolt penahan wall plate akan ditanamkan di dinding. Gunakan piringan bracket dan waterpass agar posisi titik-titik ini tidak miring.
  2. Periksa kelayakan dinding tersebut untuk dilubangi menggunakan bor. Usahakan tidak ada kabel listrik atau besi beton yang ditanamkan di dalam dinding tersebut. Jika dinding tadi terbuat dari gypsum, Anda bisa memasang papan kayu tepat di belakang titik yang akan dibor sebagai tulang untuk meningkatkan kekuatannya.
  3. Lubangi keempat titik pada tembok menggunakan bor listrik. Pastikan dimensi lubang yang terbentuk sesuai dengan diameter dan panjang dynabolt yang menyertai produk bracket tersebut. Untuk lebih jelasnya, silakan pelajari panduan mengebor dinding yang benar.
  4. Setelah lubang terbentuk, Anda bisa memasang dynabolt ke dalam lubang ini. Kemudian pasanglah wall plate/piringan bracket dengan mengatur posisi supaya dynabolt berada di kedudukannya. Setelah itu, pasang baut penahan dynabolt memakai kunci inggris sampai ikatannya cukup kuat.
  5. Sekarang bagian wall plate pun sudah terpasang di dinding dengan kuat. Kini saatnya untuk memasang 2 buah tiang bracket penyangga yang nantinya berada di belakang televisi. Sehingga TV bisa ditahan oleh wall plate.
  6. Adapun caranya yaitu pasanglah tiang-tiang bracket ini secara sejajar di lubang yang terdapat di belakang TV menggunakan baut yang sesuai. Anda bisa mengencangkan baut-baut memakai obeng.
  7. Setelah kedua tiang penyangga terpasang pada bagian belakang televisi, kini waktunya untuk meletakkan tiang penyangga tadi di piringan bracket. Jika ukuran TV yang Anda miliki cukup besar, jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain saat mengangkatnya. Angkat televisi secara bersama-sama, lalu pasang televisi tersebut dengan menyangkutkan tiang penyangganya ke piringan bracket yang sudah menempel di dinding.
  8. Periksa kembali untuk memastikan posisi televisi sudah sejajar di setiap sisi-sisinya. Terakhir kencangkan pengunci baut bracket yang terletak di bagian bawah rell bracket sehingga televisi tetap aman dan terhindar dari risiko terjatuh.

Silakan sampaikan pertanyaan Anda di kolom komentar apabila ada bagian yang kurang dimengerti. Selamat mencoba!