Cara Memasang Baja Ringan ke Tembok

Baja ringan bisa menjadi pilihan Anda untuk membuat rangka atap bangunan. Dibandingkan dengan kayu, material ini mempunyai keunggulan tersendiri. Di antaranya yaitu karakteristik yang dimilikinya seragam, strukturnya sangat kuat, memiliki bobot yang ringan, tidak berisiko melengkung, dan mampu bertahan dalam waktu yang begitu lama. Anda yang berencana ingin membangun rumah, kami sarankan pakailah baja ringan.

Baja ringan pada hakikatnya seperti baja biasa. Perbedaan yang paling mencolok hanya terletak pada strukturnya yang lebih ringan. Bahkan karena saking ringannya, Anda dapat mengangkat sebatang baja ringan ini seorang diri. Sedangkan untuk strukturnya, baja ringan mempunyai struktur yang tidak kalah dengan baja biasa. Struktur baja ringan ini sangat kuat dan kokoh sehingga mampu bertahan sampai berpuluh-puluh tahun.

cara-memasang-baja-ringan.jpg

Umumnya baja ringan digunakan untuk membentuk rangka atap. Caranya yaitu Anda bisa memasang baja-baja ringan ini dengan mengaturnya sedemikian rupa sehingga membentuk suatu rangka atap yang siap dipasangi material atap di bagian atasnya. Ada sebagian dari struktur rangka atap baja ringan ini yang terpasang pada tembok. Sehingga mau tidak mau, Anda pun harus memasangnya dengan benar supaya terpasang kuat.

Untuk memasang baja ringan yang satu dengan baja ringan lainnya sangatlah mudah. Anda hanya perlu memasangnya menggunakan paku khusus yaitu paku profil. Ukuran paku profil yang dipakai bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Silakan gunakan mesin bor listrik dengan mata yang sesuai untuk menancapkan paku profil tersebut ke dalam baja ringan. Di sini Anda mungkin harus menggunakan tenaga yang lebih untuk mendorong mesin bor.

Sementara itu, Anda perlu cara yang lainnya untuk memasang baja ringan ke tembok. Di sini Anda tidak bisa menggunakan paku profil yang notabene memiliki ulir di bagian badannya. Paku yang digunakan adalah paku biasa. Anda bisa memakai paku usuk yang berukuran 10-15 cm. Gunakan paku baja atau paku beton apabila tembok yang ingin dipasangi paku memiliki struktur yang sangat kuat.

Berikut ini tata cara memasang baja ringan ke struktur tembok yang benar!

  1. Mulailah dengan membersihkan bagian tembok yang akan dipasangi baja ringan. Cek dengan teliti apakah kondisi struktur tembok tersebut masih cukup kuat atau tidak. Jika ada bagian yang rusak, ada baiknya Anda memperbaikinya terlebih dahulu.
  2. Posisikan batang baja ringan di atas tembok. Atur posisinya supaya sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Pastikan bagian muka (bagian yang memiliki cekung) baja ringan tersebut menghadap ke dalam bangunan.
  3. Pasang paku usuk pada baja ringan tersebut. Di sini Anda bisa memasang paku memakai martil. Pasang dengan memukulkan martil pada paku berkali-kali sampai menembus baja ringan dan menancap ke tembok. Jika ingin lebih efektif dan efisien, gunakan saja mesin khusus untuk memasang paku.
  4. Silakan periksa kembali kondisi paku yang telah berhasil ditancapkan. Apakah paku tersebut sudah menancap dengan sempurna atau belum? Kalau sudah, Anda bisa beralih ke bagian yang lainnya. Namun jika paku belum terpasang dengan benar, Anda bisa memasang paku lain di sebelahnya agar ikatan yang terbentuk lebih kuat.

Selamat mencoba!