Cara Melubangi Pipa PVC Tanpa Mesin Bor Listrik

Kadang-kadang kita membutuhkan sebuah pipa PVC yang berlubang-lubang. Misalnya ketika kita akan membuat saluran penyiraman air, sistem hidroponik, kerajinan tangan, atau alat musik. Sayangnya di toko bangunan jarang ada yang menjual pipa yang berlubang. Padahal sebenarnya ada loh material bangunan berupa pipa berlubang. Namanya yaitu gully. Material ini memang ditujukan khusus untuk membangun sistem irigasi air. Anda bisa membelinya di www.alatperabotan.com secara online.

cara-melubangi-pipa-pvc.jpg

Kalau Anda sudah mempunyai pipa PVC biasa, tak ada salahnya untuk membuat sendiri pipa berlubang dari pipa PVC tersebut. Caranya tentu saja dengan melubanginya sendiri. Memang sih kalau ada mesin bor listrik Anda bisa menggunakannya untuk mempermudah pekerjaan. Tapi kalau Anda tidak memiliki mesin bor listrik pun Anda tetap bisa melubangi pipa PVC ini. Triknya yaitu Anda bisa memanfaatkan pipa besi sebagai alat utama untuk melubangi pipa PVC. Bagaimanakah caranya?

Alat dan Bahan :

  • Pipa PVC
  • Pipa besi
  • Pisau
  • Spidol
  • Kikir
  • Kompor

melubangi-pipa-pvc-tanpa-bor.jpg

Langkah Kerja :

  1. Tajamkanlah salah satu ujung dari pipa besi tersebut. Anda bisa menggunakan kikir, ampelas besi, atau batu asahan untuk menajamkan ujung pipa besi tersebut. Lakukan penajaman pipa ini secukupnya saja. Tujuannya untuk mempermudah Anda menancapkan pipa tersebut ke dalam pipa PVC nantinya sehingga lubang pun mudah dibuat.
  2. Sekarang waktunya Anda untuk menandai pipa PVC tersebut. Buatlah tanda berupa titik-titik, di mana lubang akan dibuat pada pipa PVC tadi. Gunakan spidol untuk membuat tanda pada pipa PVC ini. Tanda yang dibuat cukup berupa titik-titik yang akan menjadi poros lubang. Tanda ini harus terlihat jelas ya dan tidak boleh meleset.
  3. Kali ini kita berlanjut lagi dengan pipa besi yang sudah ditajamkan tadi. Namun sebelumnya nyalakan terlebih dahulu api di kompor ya. Buat apa sih? Tidak lain untuk memanaskan pipa besi yang telah kita tajamkan pada langkah awal. Dengan kondisi yang panas, pipa besi tersebut akan mudah menancap ke pipa PVC sehingga membentuk lubang.
  4. Bakarlah ujung pipa besi yang tajam di api kompor selama beberapa saat sampai benar-benar panas. Kalau bisa sih sampai wujud ujung pipa tersebut nampak berwarna merah menyala ya. Ini tandanya kondisi pipa sudah panas sekali sehingga efektif dipakai untuk melubangi pipa PVC. Di sini Anda bisa memakai sarung tangan biar tidak kepanasan.
  5. Jika kondisi pipa besi sudah benar-benar panas yang ditandai dari warnanya yang terlihat merah menyala, maka Anda sudah bisa menggunakannya untuk melubangi pipa PVC. Caranya gampang banget kok. Anda tinggal menusukkan pipa besi tersebut tepat ke arah tanda titik yang ada pada pipa PVC. Tusuklah dengan sedikit menekan dan memutarnya.
  6. Seharusnya tak butuh waktu lama untuk melubangi pipa PVC tersebut menggunakan ujung pipa besi tajam yang panas. Walaupun mudah, tetapi hasil lubang yang terbentuk memang kurang rapi. Oleh sebab itu, Anda mesti merapikannya lagi memakai pisau yang tajam. Kikislah bagian pinggir lubang yang nampak berserat dan tidak beraturan agar rapi.
  7. Untuk membuat lubang yang terbentuk benar-benar rapi, terutama pada bagian tepinya, maka Anda harus menghaluskannya menggunakan ampelas. Gosoklah bagian tepi lubang tersebut memakai ampelas dengan gerakan yang searah dan tidak boleh bolak-bolek. Lakukan proses pengampelasan hingga lubangnya halus dan rapi.