Sipil
Oct15

Cara Melubangi Keramik Dinding dengan Bor Listrik

Bagaimana cara melubangi keramik dinding dengan bor listrik? Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghias interior rumah. Salah satunya adalah menggantungkan hiasan dinding. Untuk bisa menggantungkan aksesori-aksesori tersebut, Anda harus melubangi dinding sebagai tempat dynabolt yang akan menjadi pegangannya.

Masalah baru muncul ketika dinding di rumah Anda ternyata sudah dilapisi dengan keramik. Jika tidak hati-hati dalam menggunakan bor untuk melubanginya, dinding ini akan rusak akibat keretakan yang timbul. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan bor listrik dengan benar supaya hasil pekerjaannya pun memuaskan. Bagaimanakah caranya?

cara-melubangi-keramik-dinding.jpg

Alat dan Bahan yang digunakan

  • Bor listrik
  • Palu
  • Paku
  • Pensil
  • Penggaris
  • Dynabolt

Langkah-langkah pengerjaan :

  1. Bagi para pemula, sebaiknya Anda membiasakan diri dengan mesin bor listrik terlebih dahulu sebelum mengoperasikannya ke dinding. Anda bisa membayangkan kalau bor tersebut hanyalah sebuah pistol mainan yang penggunaannya mudah sekali. Cobalah melubangi kayu sampai didapatkan hasil pengeboran yang rapi.
  2. Sebelum proses pengeboran keramik dinding yang sesungguhnya dimulai, Anda perlu menentukan posisi titik lubang. Ukurlah area dinding menggunakan penggaris hingga diperoleh letak lubang yang paling sesuai untuk pemasangan hiasan dinding. Tanda titik tersebut berupa tanda silang memakai pensil. Garis pertemuan silang tadi menandakan letak titik lubang.
  3. Buat lubang kecil sebagai tumpuan mata bor tepat pada titik di atas. Anda bisa membuat lubang ini menggunakan paku yang dipukul palu sebentar saja. Ketukkan palu dengan tekanan yang mantap agar tidak menyebabkan keretakan pada keramik. Dengan adanya lubang tumpuan ini, mata bor pun akan senantiasa berada di posisinya dan tidak bergeser-geser akibat menggelinding ke kiri ataupun kanan.
  4. Selama proses pengeboran tengah berlangsung, Anda harus tetap merasa santai dan nyaman. Posisikan mesin bor dengan arah yang tegak lurus menghadap ke dinding. Berikan tekanan secukupnya hingga didapatkan lubang dengan ukuran yang sesuai panjang dynabolt. Jangan terlalu takut saat menekan bor listrik, sebab bila Anda hanya memegang secara mengambang, lubang pada dinding keramik tidak akan bertambah semakin dalam.
  5. Setelah lubang yang Anda butuhkan sudah terbentuk, jangan lupa untuk membersihkannya dengan cara mengeluarkan debu-debu yang terjebak di dalamnya. Setelah itu, barulah Anda bisa memasang dynabolt sesuai panduan dari kami di sini. Bagaimana, ternyata mudah sekali kan? Jadi silakan mencoba!