Cara Melubangi Kalsiboard dengan 4 Langkah Mudah

Kini sudah banyak tersedia material bangunan yang bisa Anda gunakan untuk membuat plafon. Salah satunya yang kami rekomendasikan yaitu papan kalsi (kalsiboard). Mengapa Anda harus memakai kalsiboard? Kalsiboard diproduksi tanpa menggunakan asbes (tanpa chrysotile, chrocidolite, atau jenis asbes lainnya). Produksi kalsiboard memakai serat penguat organik seperti serat selulosa yang aman bagi lingkungan. Kalsiboard juga didesain dengan sistem modular sehingga mengurangi limbah produksi.

Untuk menggunakan kalsiboard sebagai bahan baku pembuatan plafon, kita harus mengubah bentuk dan ukurannya terlebih dahulu agar sesuai dengan desain yang telah direncanakan. Kita perlu memotong kalsiboard sesuai dengan perencanaan. Kadang-kadang kita juga perlu melubangi papan kalsi tersebut. Misalnya untuk membuat pola berbentuk lingkaran yang akan menjadi tempat pemasangan kap lampu, kipas angin, dan lain-lain. Di sinilah dibutuhkan trik khusus agar lubang yang dibuat mempunyai bentuk yang rapi dan tidak bergelombang.

cara-melubangi-kalsiboard.jpg

Berikut ini caranya membuat lubang pada papan kalsi.

Alat-alat yang digunakan :

  • Jangka paku
  • Cutter
  • Martil
  • Ampelas
  • Tangga

Langkah-langkah pengerjaan :

Anda bisa melubangi papan kalsiboard hanya dengan menggunakan alat yang sederhana yaitu jangka paku. Alat ini juga bisa Anda buat sendiri dengan diameter lubang yang disesuaikan dengan jarak paku ke pusat lingkaran.

  1. Goreslah permukaan kalsiboard menggunakan jangka paku dengan cara menekan sambil memutarnya sebanyak 4-5 kali putaran.
  2. Buatlah goresan secara diagonal melewati pusat lingkaran di beberapa tempat menggunakan cutter.
  3. Pakai martil untuk memukul kalsiboard tepat di daerah yang ingin dilubangi secara perlahan-lahan beberapa kali sampai terbentuk lubang.
  4. Kini waktunya untuk merapikan pinggiran lubang menggunakan ampelas. Gosokkan ampelas ini di pinggiran lubang untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Bagaimana? Gampang sekali kan proses pembuatan lubang di papan kalsi ini? Memang benar kalau kita bisa membuat lubang di kalsiboard dengan mudah. Apalagi ukuran ketebalan papan kalsi ini cukup tipis sehingga Anda tidak memerlukan tenaga yang besar untuk melubanginya. Namun mengingat kalsiboard sangat keras, maka tingkat elastisitasnya rendah. Kalsiboard ini mudah hancur dan pecah berantakan apabila Anda tidak berhati-hati, terutama pada saat memukulnya. Silakan Anda bisa mencoba panduan ini!