Cara Melubangi Kaca Memakai Bor

Bagaimana cara melubangi kaca memakai bor? Sebagai pengrajin, kita sering menggunakan kaca sebagai bahan baku kerajinan tangan yang ingin kita buat. Kaca mempunyai keistimewaan pada wujudnya yang transparan dengan permukaan yang mengkilap. Ada banyak sekali barang-barang seni yang dapat dibuat memakai kaca. Mulai dari akuarium, miniatur, stoples, wadah penyimpanan, sampai furniture.

Ada kalanya kita perlu melubangi kaca untuk keperluan tertentu. Melubangi kaca dengan menancapkan pakai tentu tidak mungkin dilakukan karena kaca memiliki sifat yang getas. Begitu paku yang telah diletakkan  di atas permukaan kaca dipukul menggunakan palu/martil, pasti kaca tadi akan langsung pecah berkeping-keping. Lantas bagaimana sih caranya melubangi kaca yang benar?

cara-melubangi-kaca.jpg

Untuk keperluan melubangi kaca sebenarnya Anda juga bisa memanfaatkan mesin bor. Kemampuan alat yang sengaja diciptakan untuk membuat lubang pada suatu benda ini benar-benar dapat diandalkan. Anda harus menggunakan mata bor khusus supaya memberikan hasil yang memuaskan. Tetapi mengingat harga mata bor ini cukup mahal, Anda bisa membelinya jika memang sangat membutuhkannya dan dipakai secara berkala. Kalau hanya digunakan sekali atau dua kali, kami sarankan lebih baik Anda meminta bantuan tukang.

Alat dan Bahan :

  • Kaca
  • Mesin bor
  • Mata bor khusus kaca
  • Ampelas
  • Spidol
  • Air
  • Sarung Tangan
  • Kacamata

Langkah-langkah :

  1. Siapkan kaca yang akan dibuat lubang di dalamnya. Pastikan kaca tersebut sudah bersih dari kotoran. Kaca yang bisa dibuat lubang adalah kaca biasa. Sedangkan kaca tempered tidak bisa dilubangi sebab karakteristiknya sangat getas.
  2. Ambil mesin bor yang Anda miliki. Disarankan memakai mesin bor tangan sehingga Anda bakal lebih mudah dalam mengendalikannya. Kemudian pasanglah mata bor khusus untuk kaca pada mesin bor tersebut dengan kuat.
  3. Buatlah tanda memakai spidol pada permukaan kaca tadi tepat pada bagian yang ingin dilubangi. Kalau bisa, tanda ini dibuat pada kedua sisi permukaan kaca biar kelihatan lebih jelas. Setelah itu, letakkan kaca di atas permukaan yang rata.
  4. Saatnya untuk melakukan pengeboran. Mulailah dengan menyalakan mesin bor, lalu arahkan pada tanda yang telah dibuat tadi. Kerjakan proses pengeboran secara tegak lurus dari arah atas. Jangan pernah menekan mesin bor ke bawah karena berisiko besar dapat mengakibatkan kaca menjadi pecah. Biarkan mata bor mengikis serpihan kaca sedikit demi sedikit sampai menembus ke sisi yang lainnya. Pada saat proses pengeboran sedang berlangsung, Anda juga sebaiknya menyemprotkan air pada kaca tadi biar tidak panas dan tidak retak.
  5. Setelah lubang berhasil dibuat, Anda bisa mematikan mesin bor terlebih dahulu biar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Kemudian perhatikan pada lubang yang telah dibikin Anda tadi. Tampak permukaan bagian dalam lubang tersebut masih kasar sehingga berbahaya bila tersentuh tangan. Anda perlu menggosok menggunakan ampelas sampai permukaannya benar-benar halus.