Sipil
Feb26

Apakah Pengertian Struktur Portal Bangunan?

Apakah Anda ingin mengetahui apa itu portal bangunan? Bagaimana pula dengan pengertian dari struktur portal bangunan, apakah Anda penasaran ingin mengetahuinya juga? Sudah tahu belum apakah fungsi sebenarnya dari portal ini? Sebutkan juga macam-macam portal!

pengertian-struktur-portal-bangunan.jpg

Portal adalah sistem konstruksi yang terdiri atas bagian-bagian struktur bangunan yang saling terhubung satu sama lain. Beberapa portal juga bisa berdiri sendiri baik dibantu oleh diafragma horisontal/sistem lantai maupun tanpa bantuan dari struktur-struktur tersebut. Adapun fungsi utama dari portal ialah untuk menahan beban struktur yang bekerja padanya.

Pada dasarnya, portal dapat dikelompokkan menjadi dua macam yaitu :

  1. Portal Terbuka

    Di dalam portal terbuka, semua gaya dan momen yang berkerja pada struktur bangunan disokong sepenuhnya oleh pondasi. Peran sloof hanyalah menahan beban dari dinding saja. Tingkat kekuatan dan kekakuan pada portal ini dalam menanggung beban lateral serta kesetabilan juga bergantung pada daya kekuatan dari setiap elemen-elemen yang menyusunnya.

  2. Portal Tertutup

    Prinsip kerja portal tertutup adalah menahan seluruh momen dan gaya yang bekerja menggunakan sloof terlebih dahulu untuk kemudian momen dan gaya tersebut disamaratakan. Setelah itu, sebagian dari total beban ini akan diteruskan ke pondasi. Perlu diketahui, sloof/beam ini juga memiliki kegunaan untuk mengikat kedudukan kolom-kolom bangunan sehingga tidak terjadi perbedaan dalam hasil pembangunannya nanti.