Sipil
Jan21

Apakah Kegunaan dari Meteran Gulung?

Meteran gulung adalah alat ukur berbentuk gulungan yang dapat digunakan untuk menentukan ukuran panjang. Umumnya alat ini terbuat dari plastik, kain, plat besi, baja, atau baja aloy. Beberapa orang juga menyebut meteran gulung dengan nama meteran kelos, roll meter, pita ukur, dan tape.

Di pasaran, panjang meteran gulung tersedia dalam ukuran 10 m, 15 m, 30 m, hingga 50 m. Satuan panjang yang dapat diketahui menggunakan alat ukur tanah ini meliputi mm, cm, m, inch, dan feet. Pembagian ukurannya dilakukan pada interval 5 mm atau 10 mm. Sedangkan tingkat ketelitian alat ukur ini hingga mencapai 0,5 mm.

kegunaan-meteran-gulung.jpg

Kegunaan utama dari meteran gulung yaitu untuk mengukur panjang suatu benda maupun jarak. Meteran gulung juga bisa dipakai untuk membuat lingkaran, membuat sudut siku-siku, dan menentukan ukuran sudut. Dibandingkan dengan alat ukur sejenis, meteran gulung jauh lebih praktis karena meskipun ukurannya cukup panjang tetapi alat ini mudah dirapikan sebab bisa menggulung secara otomatis.

Namun di sisi lain, kekurangan meteran gulung yakni mempunyai daya muai dan daya regang yang bisa mengakibatkan hasil pengukurannya menjadi kurang akurat. Daya muai merupakau tingkat pemuaian meteran yang terjadi akibat perubahan suhu udara. Dan daya regang adalah tingkat peregangan yang menyebabkan ukuran meteran bertambah panjang. Baik daya muai maupun daya regang dipengaruhi oleh karakteristik bahan dasar yang digunakan untuk membuat meteran tersebut.

Suatu meteran gulung biasanya disusun oleh bagian-bagian yang meliputi :

  1. Kotak meteran
  2. Pita meteran
  3. Plat ujung meteran
  4. Gantungan kotak meteran

Tidak sulit kok untuk mengukur panjang atau jarak dengan menggunakan meteran gulung. Pada prinsipnya, Anda tinggal merentangkan meteran ini dari satu titik ke titik lainnya yang dituju. Hasil pengukuran terlihat pada angka yang tertera di pita meteran. Supaya hasilnya tepat, posisi pita saat pengukuran harus benar-benar tegak lurus.

Agar kondisi alat meteran tetap terjaga, Anda perlu merawatnya dengan prosedur yang benar. Caranya adalah bersihkan seluruh permukaan meteran tersebut sebelum dan sesudah digunakan. Jangan lupa segera kembalikan meteran apabila sudah selesai dipakai dan simpan meteran gulung tersebut di tempat yang kering.