Sipil
Dec15

Apa sih Pengertian dan Kegunaan Baja Bekisting?

Pengertian bekisting dapat diartikan sebagai suatu cetakan pembentuk beton yang terbuat dari bahan baja. Bekisting memiliki penampang tertentu yang didesain sedemikian rupa sesuai kebutuhan. Dengan kata lain, bekisting adalah suatu cetakan berbahan baja yang berfungsi untuk mencetak beton dan mempunyai bentuk sesuai keinginan. Kegunaan utama dari bekisting yaitu untuk menahan beton selama proses pencetakan berlangsung.

pengertian-dan-kegunaan-bekisting.jpg

Menurut Stephens (1985), bekisting ialah cetakan sementara yang digunakan untuk menahan beton selama adukan beton dituang dan dibentuk sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Bekisting berguna sebagai sarana pembantu struktur beton untuk mencetak beton sesuai dengan bentuk, ukuran, rupa, atau posisi yang direncanakan. Setelah proses pembentukan beton selesai, cetakan bekisting tersebut dapat dibongkar untuk dilepaskan.

Kegunaan-kegunaan dari bekisting di antaranya :

  1. Menentukan bentuk beton sesuai dengan keinginan
  2. Menahan beban dan getaran yang timbul pada spesi beton
  3. Mendukung kelancaran pekerjaan pembentukan beton

Konstruksi bekisting terdiri dari acuan dan perancah. Acuan merupakan bagian bekisting yang berhubungan langsung dengan beton. Sedangkan perancah ialah bagian bekisting yang berguna untuk menahan beban horisontal maupun vertikal bangunan.

Syarat-syarat bekisting yang baik harus sanggup menahan beban tulangan, pengecoran dan pemadatan adukan, serta pelepasan acuan sehingga beton tidak mengalami kerusakan. Sementara itu, persyaratan bekisting yang berkualitas ditinjau dari aspek bisnis antara lain bersifat ekonomis, strukturnya kuat dan kokoh, gampang dipasang dan dibongkar, berbentuk sesuai standar, tidak bocor, serta sanggup menahan beban yang mengenainya. Untuk persyaratan khususnya, bekisting wajib memenuhi faktor-faktor yang meliputi kualitasnya sesuai kebutuhan, keamanannya terjamin, dan biaya pembuatannya efektif.