9 Tips Pemasangan Bracket Dinding yang Baik

Anda butuh tips-tips yang baik dalam pemasangan bracket dinding? Salah satu kelebihan TV LCD, TV Plasma, serta TV LED adalah dimensinya yang tipis, jauh lebih tipis dibandingkan dengan TV Tabung. Hal ini pula yang membuat bobotnya menjadi ringan. Anda juga dapat menggantungkan TV tersebut di tembok sebagaimana hiasan dinding pada umumnya. Jadi Anda bisa menghemat ruangan.

Anda membutuhkan sebuah alat yang disebut bracket untuk bisa menempelkan televisi ke dinding. Biasanya produk bracket ini dijual secara terpisah dari unit televisi yang telah Anda beli. Disarankan untuk memilih bracket penyangga TV yang diproduksi oleh pabrik ternama sehingga kualitasnya lebih terjamin. Faktor yang paling penting untuk diperhatikan yaitu pastikan bracket tersebut sudah memenuhi standar dari VESA.

tips-memasang-bracket-tv.jpg

Mohon diperhatikan, untuk memasang bracket dinding yang aman, sebaiknya Anda membaca buku petunjuk terlebih dahulu.

Di bawah ini merupakan kiat-kiat yang harus Anda perhatikan!

  1. Anda harus mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk memasang bracket TV pada dinding.
  2. Pilihlah posisi tempat di mana bracket akan ditempelkan. Selain harus sesuai dengan desain yang telah direncanakan, usahakan pula dinding tersebut benar-benar kuat. Jangan pernah memasang bracket di dinding yang tidak mendukung seperti lembab, retak, dan rapuh serta dinding di ruangan luar.
  3. Kalau Anda tidak merasa ragu untuk memasang produk bracket sendiri, jangan pernah memaksakan diri. Jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain yang sudah berpengalaman di sekitar Anda. Selama proses pemasangan berlangsung, bacalah buku petunjuk sebagai panduannya.
  4. Bukalah kardus wadah bracket dengan hati-hati. Cek sekali lagi apakah produk tersebut telah sesuai dengan spesifikasi yang ada. Anda wajib menggunakan bracket dengan spesifikasi yang cocok sesuai dimensi dan karakteristik televisi.
  5. Produk bracket TV harus diletakkan di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Jangan menaruh sumber panas seperti pemanas ruangan di bagian bawah produk. Hindari pula memasang pendingin udara/AC di atas produk.
  6. Ikuti ketentuan pengaturan lebar bracket sesuai penjelasan. Masukkan dan kencangkan baut-mata, atau bracket TV dan bautnya pada bagian belakang TV. Jika ada baut pada posisi untuk baut-mata, Anda perlu melepaskannya terlebih dahulu.
  7. Pasanglah bracket dinding dan bautnya pada dinding. Atur posisi dari bracket dinding dan baut-mata pada belakang TV. Hubungkan baut-mata dari bracket dinding menggunakan tali yang kuat. Kemudian pastikan tali dalam posisi yang tegak lurus dengan permukaan dinding.
  8. Gabungkan antara bracket yang telah terpasang dengan produk televisi. Pasangkan bracket penyangga dinding pada belakang TV dengan hati-hati, lalu pasangkan ke dinding yang kuat dan tegak lurus dengan lantai. Atur kemiringan dan posisi produk serta pastikan sudah tergantung secara kuat dan aman.
  9. Pasanglah instalasi kabel dengan baik dan benar. Pastikan Anda tidak menghubungkan kabel daya sebelum pemasangan kabel telah selesai. Setelah itu, satukan kabel tersebut memakai pengikat dari plastik yang disebut band tie. Sebisa mungkin hindari mengikat kabel menggunakan pengikat dari kawat/logam. Jangan pula menyatukan kabel dengan engsel bracket karena bisa mengakibatkan kabel rusak atau terkelupas.