Sipil
Feb19

9 Fungsi Dinding Pada Bangunan

Apakah fungsi-fungsi dari dinding pada bangunan? Seperti kita tahu, dinding adalah penutup sisi samping (penyekat) ruang, rumah, bilik, dan sebagainya. Biasanya dinding dibuat dari papan kayu, anyaman bambu, tembok beton, dan bahan bangunan lainnya.

fungsi-dinding-pada-bangunan.jpg

Ditinjau dari letak posisinya, dinding bangunan bisa dibedakan menjadi dua macam yaitu dinding eksterior dan dinding interior. Berikut ini penjelasannya dari masing-masing dinding tersebut!

1. Dinding Eksterior

Dinding eksterior adalah dinding yang posisinya berada di lingkungan terluar bangunan. Fungsi dari dinding ini yaitu untuk melindungi seisi bangunan dari gangguan serta ancaman dari luar misalnya cuaca ekstrim, binatang buas, dan penjahat. Oleh karena itu, dinding eksterior yang baik harus kuat, kokoh, dan indah. Yap, aspek keindahan ini harus dipenuhi untuk mendukung kenyamanan suatu bangunan.

2. Dinding Interior

Dinding interior adalah dinding yang terletak di bagian dalam suatu bangunan. Dinding ini berguna untuk membagi bangunan ke dalam beberapa ruangan dan menjaga privasi setiap ruangannya. Kadang-kadang dinding interior juga dilengkapi dengan fitur khusus seperti peredam suara dan penghalang cahaya matahari.

Selain itu, dinding pun dapat dikelompokkan menjadi 3 macam menurut sifatnya, antara lain :

  1. Dinding permanen yaitu dinding yang bersifat tetap dan tidak berubah-ubah dalam jangka waktu yang lama. Keunggulan dari dinding permanen yakni strukturnya yang kokoh, tahan lama, dan mampu melindungi bangunan dengan baik. Material yang lumrah dipakai untuk membuat dinding ini di antaranya batubata, batako, dan bata ringan.
  2. Dinding non-permanen yaitu dinding yang sifatnya tetap dan bisa diubah-ubah dengan mudah. Dinding non-permanen biasanya terbuat dari kayu, bambu, dan kain. Kelebihannya, dinding ini mempermudah kita untuk memperbaharui desain bangunan setiap waktu.
  3. Dinding semi-permanen yaitu dinding yang dibikin dari campuran material permanen dan non-permanen. Kelebihan dari dinding semi-permanen ialah tingkat kekuatannya yang tinggi dan posisinya bisa disesuaikan dengan keinginan. Karena mampu menciptakan nuansa yang meneduhkan, dinding ini mulai banyak digemari lagi terutama oleh masyarakat perkotaan.

Fungsi dan Kegunaan Dinding

Lantas, apa sajakah fungsi dan kegunaan dinding? Di bawah ini rangkuman selengkapnya!

  1. Melindungi seisi bangunan dari ancaman marabahaya
  2. Memisahkan antar-ruangan yang ada di dalam bangunan
  3. Membagi interior bangunan menjadi ruang pribadi dan ruang umum
  4. Mencegah cuaca yang ekstrim
  5. Menahan konstruksi bangunan bagian atas
  6. Meredam kebisingan dan cahaya yang berlebih
  7. Menahan radiasi yang berbahaya
  8. Menyediakan fungsi media penyimpanan
  9. Mendukung nilai keindahan bangunan