5 Syarat Dinding yang akan Dipasangi Wallpaper

Kini wallpaper menjadi pilihan yang paling diminati untuk mempercantik interior. Pesonanya yang begitu indah sangat praktis digunakan untuk membuat suasana ruangan lebih menarik. Kombinasi antara warna, motif, dan corak yang dimiliki oleh wallpaper menjadi keunggulan tersendiri. Desain ruangan pun mudah kita buat jika menggunakan wallpaper. Mau ruangan yang bergaya modern, minimalis, klasik, atau etnik? Semuanya pasti bisa!

Pemasangan wallpaper dilakukan dengan menempelkannya ke permukaan dinding. Terdapat wallpaper yang sudah dilengkapi lapisan bahan perekat di bagian belakangnya. Tapi ada pula wallpaper yang membutuhkan lem. Artinya Anda harus mengoleskan lem terlebih dahulu ke permukaan tembok secara merata. Barulah kemudian kertas wallpaper bisa diaplikasikan tepat di permukaannya. Wallpaper jenis ini lebih banyak beredar di pasaran.

syarat-dinding-dipasangi-wallpaper.jpg

Mengingat di sini kita memakai lem sebagai bahan perekat, maka dinding yang akan diolesi lem tersebut pun harus memenuhi syarat-syarat tertentu agar lapisan lemnya bisa merekat dengan kuat. Syarat-syarat tersebut lah yang akan kita bahas kali ini. Bagaimana pun lem perlu permukaan dinding dengan bidang yang ideal sehingga daya rekatnya tetap dapat berfungsi dengan baik. Wallpaper pun akan menempel kuat.

Adapun syarat-syarat dinding yang akan dipasangi wallpaper di antaranya :

  1. Bersih

Dinding harus bersih dari kotoran agar lem mampu menempel kuat di permukaannya. Wallpaper menjadi terpasang kokoh apabila dipasang di dinding yang bersih. Semakin bersih dinding tersebut, maka semakin kuat pula lem dapat mencengkeram wallpaper. Oleh karena itu, kami selalu menyarankan kepada Anda untuk membersihkan dinding terlebih dahulu. Bahkan jika memungkinkan, Anda pun dapat mencucinya.

  1. Kering

Syarat yang kedua adalah permukaan dinding harus kering. Anda harus memastikan dinding yang akan dipasangi wallpaper dalam keadaan yang benar-benar kering. Tidak boleh ada air sedikit pun di permukaan dinding. Ingat, daya rekat lem akan melemah jika terkena air. Anda harus terus mengupayakan kondisi dinding tersebut senantiasa kering dan tidak rembes, baik dari sisi atas atau bawah.

  1. Tidak Lembab

Kelembaban ini terkait sekali dengan kondisi udara di sekitar dinding. Jika tembok yang basah memang tak mungkin dipasangi wallpaper. Namun untuk tembok yang lembab masih memungkinkan ditutupi menggunakan wallpaper. Tetapi selang tidak beberapa lama kemudian wallpaper tadi pasti bermasalah. Entah permukaannya yang berjamur, wallpaper terlepas sendiri, atau lainnya. Jadi Anda harus memastikan dinding tidak lembab.

  1. Rata

Wallpaper juga sebaiknya dipasang di dinding yang permukaannya rata. Kontur dinding tersebut tidak bergelombang, apalagi ada lubang-lubang kecil di beberapa bagiannya. Dinding yang rata akan mempengaruhi hasil pemasangan wallpaper sehingga rapi dan sedap dipandang mata. Meskipun wallpaper mampu menutupi dinding yang cacat, tapi wallpaper yang dipasang di dinding yang bagus pasti akan membuat hasil yang lebih baik.

  1. Sehat

Maksud kata sehat di sini artinya dinding tersebut dalam keadaannya yang baik-baik saja. Tidak ada jamur atau lumut yang tumbuh di permukaannya. Dinding pun tidak menjadi sarang bagi binatang-binatang kecil seperti semut, rayap, kecoa, atau bahkan tikus. Masalah pada dinding bisa merembet ke wallpaper. Anda pasti tak ingin kejadian buruk ini terjadi, kan? Oleh sebab itu, pastikan dinding tersebut sehat serta tidak bermasalah.