Sipil
Dec10

5 Langkah Cara Pemasangan Paku Keling (Rivet)

Bagaimana langkah-langkah cara pemasangan paku keling? Tahukah Anda, paku keling (rivet) adalah paku yang terbuat dari logam dan mempunyai bagian-bagian berupa kepala dan batang. Kebanyakan paku keling dimanfaatkan sebagai alat pengikat sambungan dari besi melalui proses pengelingan. Sifat dari sambungan ini sendiri yaitu permanen atau kekal.

Pada umumnya, paku keling dipakai untuk membuat sambungan tetap antara dua buah plat atau lebih sehingga tersambung. Dalam ukuran yang lebih kecil, paku ini pun acap kali digunakan untuk membentuk sambungan dari komponen-komponen yang tidak memerlukan kekuatan cukup besar. Sambungan paku keling bersifat permanen. Artinya jika sambungan ini terpaksa harus dilepas, maka akan menimbulkan kerusakan struktur di sekelilingnya.

cara-pemasangan-paku-keling.jpg

Proses pemasangan paku keling harus dilakukan dengan benar agar menghasilkan sambungan yang benar-benar kuat. Berikut ini panduan dari Arafuru secara lengkap!

Alat dan Bahan :

  • Paku keling
  • Mesin pemasang paku keling
  • Mesin pelubang (bor)
  • Mesin penekan
  • Mesin pemotong

Langkah-langkah :

  1. Proses pemasangan paku keling harus menggunakan mesin/alat khusus. Mesin ini biasanya bekerja secara hidrolik, memanfaatkan tekanan uap, atau menggunakan tekanan udara. Pemilihannya harus didasarkan kepada ukuran dan jenis paku keling yang ingin dipasang.
  2. Mulailah dengan membuat lubang di kedua permukaan plat yang akan disambung. Ukuran lubang tersebut wajib disesuaikan dengan ukuran paku keling yang nantinya bakal dipasang. Para pekerja umumnya membentuk lubang untuk pemasangan paku keling dengan ukuran diameter 1,5 mm lebih besar daripada diameter paku keling yang dipakai.
  3. Setelah lubang pemasangan sudah terbentuk sempurna, selanjutnya masukkan paku keling ke dalam lubang plat yang bakal disambung. Kemudian masukkan pula bagian kepala lepas dari paku keling tersebut ke dalam lubang plat yang ingin disatukan.
  4. Tekanlah bagian kepala lepas paku keling tadi agar masuk ke bagian ekor paku keling dengan suaian yang agak keras. Anda bisa menggunakan mesin penekan khusus untuk mempercepat proses kerja. Jika tidak ada, cukup gunakan saja martil.
  5. Setelah sambungan yang terbentuk sudah dalam kondisi yang benar-benar kuat, kini waktunya untuk merapikan hasil pekerjaan. Caranya yaitu potonglah bagian ekor paku keling yang masih tersisa memakai mesin pemotong khusus. Dengan begini, seluruh permukaan sambungan pun akan sama rata dengan permukaan kedua plat tersebut.

Selamat mengerjakannya sendiri!