Sipil
Oct31

3 Solusi Memperbaiki Balok Beton yang Retak

Bagaimanakah caranya memperbaiki kembali balok beton yang telah retak? Walaupun sudah dikerjakan sebaik mungkin, kerusakan pada beton tidak bisa dipungkiri. Selain karena tenaga pembuatnya yang kurang terampil, kerusakan juga dapat disebabkan oleh penggunaan bahan bangunan yang berkualitas rendah. Meningkatkan kekuatan struktur balok beton tersebut diklaim merupakan solusi yang tepat guna meminimalisir terjadinya risiko ini.

Berdasarkan sifatnya, keretakan pada balok beton dapat dikelompokkan menjadi keretakan yang tidak membahayakan, keretakan sedang, dan keretakan yang membahayakan. Biasanya keretakan yang timbul mempunyai pola vertikal dan pola diagonal. Beberapa keretakan struktur juga kerap diselingi dengan retak-retak rambut di sekelilingnya.

Sedangkan menurut penyebab terjadinya keretakan, keretakan pada balok beton ini bisa dibedakan menjadi 2 macam yaitu retak lentur dan retak geser. Retak lentur ditandai dari pola retakan yang berbentuk vertikal atau tegak yang biasanya disebabkan oleh ketidakmampuan balok beton dalam menopang beban. Retak geser memiliki pola keretakan yang berbentuk diagonal atau miring, dan umumnya terjadi setelah balok mengalami retak lentur tetapi tidak segera diperbaiki. Sementara itu, retak rambut merupakan keretakan yang berukuran sangat kecil dan umumnya ditimbulkan oleh pengaruh cuaca ekstrim.

cara-memperbaiki-balok-beton-yang-retak.jpg

Balok Beton

Keretakan pada balok beton harus sesegera mungkin diperbaiki dengan benar. Jika tidak, tentu balok beton tersebut tidak akan mampu lagi menopang beban sehingga bangunan menjadi tidak aman. Simak kiat-kiat perbaikan balok beton yang retak dari Arafuru.com sebagai berikut!

Solusi Pertama

Solusi yang pertama ini bisa digunakan untuk struktur balok beton yang dibangun di atas dinding. Caranya yaitu dengan membuat kolom-kolom berukuran relatif kecil sebagai penopang balok tersebut. Bisa juga memanfaatkan tiang-tiang sebagai penyangganya. Di samping untuk mempertahankan kedudukan balok beton, metode ini juga berfungsi untuk meneruskan beban bangunan dari balok beton menuju ke struktur di bagian bawahnya.

Solusi Kedua

Solusi kedua dapat diaplikasikan jika pembangunan kolom atau tiang tidak mungkin dilakukan untuk menopang balok beton yang telah retak. Prinsipnya yakni dengan menambal keretakan dan meningkatkan kekuatan dari balok tersebut. Adapun caranya ialah dengan memberikan injeksi epoxy ke dalam balok yang retak. Setelah itu lakukan pembesaran dimensi balok beton dengan penguatan di bagian eksternalnya. Dengan begini, beton tersebut pun sudah tidak retak dan lebih kuat dalam menahan beban.

Solusi Ketiga

Solusi ketiga ditujukan untuk keretakan yang berukuran tidak terlalu besar. Dengan memperbaiki keretakan balok beton memakai solusi yang tepat, Anda dapat menghemat biaya perbaikannya. Caranya mudah sekali, Anda cukup menambal plesteran yang retak saja. Perbaikan ini dimaksudkan untuk menutup keretakan sekaligus menghindarkan risiko tulangan besi mengalami korosi.

Selamat mencoba dan jangan lupa bagikan ke teman-teman Anda ya!