Sipil
May28

3 Cara Membuat Dempul Kayu yang Bagus dan Kuat

Apakah Anda ingin membuat dempul kayu yang bagus dan kuat? Dempul kayu adalah bahan yang dapat digunakan untuk mengisi lubang yang terdapat pada kayu sehingga permukaannya bisa kembali rata. Bahan ini biasanya digunakan oleh para pengrajin kayu untuk menambal produk-produk yang dikerjakannya. Selain digunakan pada perabotan, dempul juga bisa diaplikasikan pada peralatan rumah tangga.

Komponen utama dempul kayu selalu mengandung bahan perekat (adhesive), bahan pengisi (filler), dan bahan pewarna. Semakin kuat daya rekat yang dimiliki oleh bahan adhesive, semakin tinggi pula mutu yang dimilikinya. Begitu pun dengan karakteristik bahan pengisi, di mana bahan pengisi yang berukuran semakin kecil menandakan kualitasnya akan semakin bagus.

cara-membuat-dempul-kayu.jpg

Pembuatan dempul kayu pada dasarnya tidak terlalu susah kok. Bahan-bahannya pun mudah didapatkan di sekitar kita. Bahkan ada bahan yang tersedia gratis karena merupakan limbah dari industri perkayuan. Selain Anda bisa menggunakannya untuk kebutuhan pribadi, jika produk dempul Anda sudah terbukti kualitasnya, Anda pun dapat menjualnya ke pasaran. Apakah Anda berminat?

Cara Pertama

Siapkan 1 bungkus lem plamir putih serta air dan serbuk gergaji secukupnya. Mulai dengan mencampurkan lem plamir putih dan air secukupnya. Kemudian aduk agar bahan-bahan tersebut tercampur rata dan tidak menggumpal. Usahakan supaya campuran ini tidak terlalu encer karena daya rekatnya bisa berkurang drastis. Setelah rampung, tambahkan serbuk gergaji ke dalam campuran tadi, lalu aduk sekali lagi hingga benar-benar tercampur rata.

Cara Kedua

Siapkan 10 gram lem PVAc, 20 gram kaolin, 20 gram talk, 5 gram oker, dan air secukupnya. Campurkan PVAc, kaolin, talk, dan oker hingga rata. Kemudian tambahkan air sampai didapatkan tingkat kekentalan yang sesuai. Pengadukan harus dilakukan terus-menerus selama proses pencampuran bahan-bahan di atas. Sehingga direkomendasikan memakai mesin mixer agar pengadukannya bisa berjalan dengan stabil.

Cara Ketiga

Siapkan 30 gram resin BR 160, 20 gram kaolin,15 gram bentonit, 10 gram lithopon, 2 gram sodium stearat, 5 gram oker, dan 50 ml thinner. Larutkan resin BR 160 menggunakan thinner agar berubah wujud dari pasta menjadi cair. Setelah itu, tambahkan kaolin, bentonit, lithopon, dan sodium stearat ke dalamnya. Setelah tercampur rata, masukkan juga oker lalu aduk kembali sampai campurannya bersifat homogen.