Ruangan
Jan10

Ubah Desain Kamar Tidur Sempit agar Tampak Luas!

Mungkin ada di antara kita yang memiliki kamar tidur dengan ukuran sempit tetapi menarik dan nyaman ditempati. Jika anda ingin membuat suasana di dalamnya tampak lebih luas, cobalah 5 tips dari kami ini. Tentunya semuanya mudah dilakukan dan tidak memerlukan biaya yang mahal.

1. Maksimalkan Sinar Matahari yang Masuk ke Kamar Tidur

Sinar matahari mampu membuat semua ruangan tampak alami. Di sini kami tidak mempermasalahkan seberapa besar jendela di kamar tidur anda. Anda bisa mengakalinya dengan memasang beberapa genteng kaca. Memanfaatkan sinar sebanyak mungkin akan langsung mencerahkan segalanya yang ada di ruangan.

2. Manfaatkan Cermin Sebagai Ruang Bayangan

Yap, kami berkali-kali mengatakan bahwa cermin adalah aksesoris yang wajib ada di ruangan yang sempit. Tidak terkecuali pada kamar tidur anda. Menambahkan cermin ukuran berapapun seolah akan menambah luas dari ukuran ruangan sebenarnya. Selain itu, cermin juga mampu menggandakan jumlah cahaya yang ada. Cobalah meletakkan cermin di sudut kamar yang terkena cahaya.

cara-menata-kamar-tidur.jpg

3. Hindari Penggunaan Warna Gelap

Meskipun tren kombinasi warna di 2014 ini akan banyak menggunakan warna gelap pada penciptaan dekorasi ruangan, anda sebaiknya menghindarinya. Bukan masalah jika kamar tidur anda memiliki luas yang cukup. Tetapi, ketika anda menggunakan warna merah tua, abu-abu gelap, hijau tua, cokelat tua dan warna gelap lainnya untuk ruangan yang sempit, maka ukuran ruangan seolah semakin menyusut. Hal ini karena setiap warna memiliki sifat tertentu yang mampu memberikan efek ilusi pada penglihatnya. Dan warna yang lembut dan cerah akan menciptakan ilusi ruangan yang luas.

4. Kembalikan Fungsi Kamar Tidur Sebagai Tempat Beristirahat

Yang pertama perlu dilakukan adalah jangan biarkan kamar tidur terlihat berantakan. Selanjutnya, pindahkan furnitur dan aksesoris yang tidak perlu dari kamar tidur ke ruangan yang lain. Ranjang tanpa headboard dan footboard juga akan membuka ruang di sekitar kasur anda. Gunakanlah lemari berlaci sebagai tempa penyimpanan barang.

5. Kreatif dalam Mengatur Tata Letak di Kamar Tidur

Poin pertama yang perlu diingat adalah letakkan kasur menempel pada sudut dinding, bukan di tengah ruangan. Ada banyak anggapan bahwa kasur yang ditempatkan di tengah ruangan akan menghasilkan ruangan di kedua sisinya. Memang benar, namun ruangan yang tercipta akan lebih sempit dan kamar akan terlihat seperti dibelah menjadi dua bagian. Cobalah manfaatkan setiap jengkal di kamar tidur dengan penataan dekorasi yang tepat.