Tips Menciptakan Ruang Kerja yang Nyaman

Apakah anda ingin menciptakan ruang kerja yang nyaman? Tidak peduli anda bekerja di kantor atau di rumah, ruang kerja harus terasa menyenangkan guna melahirkan dan meningkatkan daya produktifitas yang anda miliki. Berikut ini petunjuk bagaimana cara merancangnya :

Pencahayaan

Sebaiknya, ruang kerja harus dilengkapi dengan banyak jendela agar cahaya alami bisa masuk dengan maksimal. Namun karena hal ini tidak bisa selalu direalisasikan, anda dapat memaksimalkan kualitas cahaya yang masuk ke ruangan tersebut. Pastikan daerah meja kerja dan samping tubuh mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Sinar matahari memang berperan penting dalam meningkatkan produktifitas kerja. Inilah penyebabnya kenapa kebanyakan orang merasa malas bekerja saat musim hujan. Karena tubuh mereka tidak mendapatkan sinar matahari yang menyehatkan. Matahari mampu menyegarkan suasana hati anda sehingga produktifitas kerja pun meningkat. Penting juga menambahkan cahaya buatan (lampu) yang memadai sebagai penerang saat membaca, menulis, dan kegiatan yang lain.

Media Penyimpanan

Ruang kerja biasanya rentan sekali berantakan, dan ruangan yang berantakan akan menurunkan mood kita. Jadi sebelum anda memulai aktifitas kerja hari ini, rapikan lah ruangan tersebut dan letakkan semua barang di tempatnya semula. Di sinilah letak pentingnya menambahkan media penyimpanan yang memadai agar barang-barang bisa disimpan secara rapi dan mudah dicari.

Keberadaan lemari dan rak sangat berguna sebagai tempat penyimpanan alat-alat yang jarang dipakai. Jika anda mempunyai tumpukan dokumen dan file, anda bisa menatanya di rak-rak yang terlihat menarik.

Privasi

Jangan sekali-kali menggabungkan ruang kerja dengan ruangan lainnya. Apabila anda memilih bekerja di rumah, anda harus memiliki ruangan yang secara khusus diperuntukkan sebagai ruang kerja. Tujuan dari penataan ini adalah agar konsentrasi anda lebih berfokus pada pekerjaan dan tidak terganggu dengan hal-hal di rumah.

Selain itu, dengan memiliki ruang kerja sendiri, anda bisa bebas mendesain ruangan tersebut agar mampu mendukung kreatifitas kerja anda. Ada baiknya memberikan jarak antara aktifitas kerja dengan kegiatan di rumah, sehingga ketika anda sudah berada di dalam ruangan ini, anda dapat berhenti memikirkan tentang keadaan dan kebisingan yang terjadi di dalam rumah.

Kabel

Instalasi pengkabelan yang buruk akan mengacaukan dekorasi ruangan sehingga terlihat berantakan. Kebanyakan orang biasanya menyembunyikan kabel-kabel ini di bawah meja atau di belakang lemari. Padahal ada cara lain yang lebih aman dan lebih rapi, yaitu dengan menginstal pipa pengkabelan sehingga susunan kabel tampak lebih rapi dan terlindungi. Alternatif lain, anda bisa membentuk tali kabel-kabel tersebut agar lebih menarik.

Suhu

Faktor suhu juga berperan penting dalam menciptakan ruang kerja yang nyaman. Jika ruangan terlalu panas, konsentrasi akan mudah terganggu. Sebaliknya bila ruangan terlalu dingin, tenaga yang dimiliki pun menjadi kurang produktif. Jadi, sangat perlu untuk menjaga suhu ruangan yang normal. Beberapa alat elektronik yang bisa digunakan untuk menciptakan suasana ini di antaranya kipas angin, pemanas ruangan, dan AC.

Dekorasi

Menambahkan sentuhan dekorasi khas pribadi sangat berguna untuk menciptakan suasana yang menyenangkan sekaligus menginspirasi. Cobalah dengan menambahkan poster atau lukisan yang mampu mengerek mood dan produktifitas anda. Gunakan warna-warna favorit yang mampu merangsang otak dan semangat kerja.

Di ruangan ini, anda bebas menambahkan dekorasi-dekorasi lainnya. Misalnya, koleksi foto pribadi, kalender, dan piagam penghargaan sebagai hiasan dinding atau meja. Gunakan juga karpet bermotif ramai agar gerak anda lebih dinamis.

Kursi

Tentu saja, kursi memegang peranan yang sangat penting di ruang kerja. Kursi akan berpengaruh langsung terhadap kenyamanan anda selama duduk bekerja. Adapun tips-tips memilih kursi kantor, bisa anda dapatkan di sini.

Meja

Sama seperti kursi, peran meja kerja juga terbilang sangat penting. Meja akan mempengaruhi bagaimana suatu alat-alat kerja bisa membantu menciptakan kondisi yang nyaman. Adapun untuk tips yang lebih lengkap tentang pemilihan meja kantor, bisa anda baca pada artikel ini.