Ruangan
Jul21

Tips Menciptakan Ruang Kerja yang Nyaman

tips-menciptakan-ruang-kerja-yang-nyaman.jpg

Apakah anda ingin menciptakan ruang kerja yang nyaman? Tidak peduli anda bekerja di kantor atau di rumah, ruang kerja harus terasa menyenangkan guna melahirkan dan meningkatkan daya produktifitas yang anda miliki. Berikut ini petunjuk bagaimana cara merancangnya :

Pencahayaan

Sebaiknya, ruang kerja harus dilengkapi dengan banyak jendela agar cahaya alami bisa masuk dengan maksimal. Namun karena hal ini tidak bisa selalu direalisasikan, anda dapat memaksimalkan kualitas cahaya yang masuk ke ruangan tersebut. Pastikan daerah meja kerja dan samping tubuh mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Sinar matahari memang berperan penting dalam meningkatkan produktifitas kerja. Inilah penyebabnya kenapa kebanyakan orang merasa malas bekerja saat musim hujan. Karena tubuh mereka tidak mendapatkan sinar matahari yang menyehatkan. Matahari mampu menyegarkan suasana hati anda sehingga produktifitas kerja pun meningkat. Penting juga menambahkan cahaya buatan (lampu) yang memadai sebagai penerang saat membaca, menulis, dan kegiatan yang lain.

Media Penyimpanan

Ruang kerja biasanya rentan sekali berantakan, dan ruangan yang berantakan akan menurunkan mood kita. Jadi sebelum anda memulai aktifitas kerja hari ini, rapikan lah ruangan tersebut dan letakkan semua barang di tempatnya semula. Di sinilah letak pentingnya menambahkan media penyimpanan yang memadai agar barang-barang bisa disimpan secara rapi dan mudah dicari.

Keberadaan lemari dan rak sangat berguna sebagai tempat penyimpanan alat-alat yang jarang dipakai. Jika anda mempunyai tumpukan dokumen dan file, anda bisa menatanya di rak-rak yang terlihat menarik.

Privasi

Jangan sekali-kali menggabungkan ruang kerja dengan ruangan lainnya. Apabila anda memilih bekerja di rumah, anda harus memiliki ruangan yang secara khusus diperuntukkan sebagai ruang kerja. Tujuan dari penataan ini adalah agar konsentrasi anda lebih berfokus pada pekerjaan dan tidak terganggu dengan hal-hal di rumah.

Selain itu, dengan memiliki ruang kerja sendiri, anda bisa bebas mendesain ruangan tersebut agar mampu mendukung kreatifitas kerja anda. Ada baiknya memberikan jarak antara aktifitas kerja dengan kegiatan di rumah, sehingga ketika anda sudah berada di dalam ruangan ini, anda dapat berhenti memikirkan tentang keadaan dan kebisingan yang terjadi di dalam rumah.