Ruangan
Jul7

Tips Memilih Lantai Ruang Tamu

Bagaimana tips memilih lantai ruang tamu yang bisa terlihat mengundang? Ruang tamu di rumah merupakan ruangan yang bersifat sosial artinya ruangan ini ditujukan untuk banyak orang. Entah itu tamu yang datang berkunjung, teman-teman, maupun seluruh anggota keluarga di rumah itu sendiri. Ruangan ini sangat ceria karena tempatnya bersenda gurau, berbagi, dan menjalin pengertian satu sama lain.

Satu hal yang penting untuk diperhatikan saat menata ruang tamu adalah lantai. Lantai merupakan bidang hias yang paling besar. Karena itu, pintar-pintarlah kita saat memilih gaya, warna, dan tekstur lantai yang sesuai dengan kondisi di rumah.

Berikut ini kami berikan tips bagaimana memilih lantai yang tepat untuk ruang tamu di rumah :

Gaya : Ketika Anda memilih lantai, bahan material pembuatnya akan sangat mempengaruhi dekorasi ruangan secara keseluruhan. Lantai tradisional seperti kayu dan ubin akan menciptakan suasana yang kaku. Oleh karena itu, Anda membutuhkan karpet agar tampilannya semakin cantik.

Warna : Kekuatan warna terbukti mampu mempengaruhi perasaan seseorang yang melihatnya. Hindari memilih warna yang terlalu menyolok dan hanya disukai oleh orang tertentu saja. Sebaliknya, pilih warna yang lembut dan teduh di mata. Cokelat muda, cokelat tanah, abu-abu, dan kuning adalah beberapa warna yang mampu menciptakan perasaan yang damai. Sedangkan, warna putih mampu membuat ruang terasa lebih lapang. Penggunaan warna gelap dan multiwarna akan membantu memusatkan perhatian mata namun tidak cocok untuk ruang tamu berukuran kecil.

Tekstur :Tekstur permukaan lantai juga merupakan bagian penting dari dekorasi ruang tamu. Secara umum, ciri khas tekstur lantai untuk ruang tamu adalah lembut karena biasanya dilapisi oleh bahan karpet. Namun akhir-akhir ini, lantai berpermukaan keras yang terbuat dari batu alam, batu bata, dan beton juga banyak yang menyukainya.

Fungsi Lantai Ruang Tamu

Berbicara mengenai fungsi lantai di ruang tamu maka kita juga berbicara tentang fungsi dari ruang tamu itu sendiri. Untuk mencari tahu fungsi lantai di ruang tamu Anda, silahkan jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini :

  1. Apakah ruang tamu di rumah Anda hanya berfungsi sebagai tempat untuk menerima tamu saja atau memiliki fungsi yang lainnya juga?
  2. Apakah di rumah Anda ada balita dan hewan peliharaan?
  3. Apakah seluruh bagian lantai di ruang tamu akan dimasukkan ke dalam dekorasi?

Daya Tahan Lantai

Seberapa sering orang beraktifitas di ruang tamu akan mempengaruhi usia dari lantai tersebut secara langsung. Lantai yang terbuat dari ubin, batu, beton, dan keramik jika dirawat dengan benar bisa bertahan selama berpuluh-puluh tahun. Namun untuk bahan yang lebih lembut seperti karpet dan kayu mungkin harus diganti setiap beberapa tahun sekali.

Pembersihan dan Pemeliharaan

Merawat lantai ruang tamu merupakan pekerjaan yang peting. Selain pemeliharaan secara rutin, Anda juga perlu sesekali membersihkan noda yang ada di bawah sofa dan furnitur berat lainnya. Semakin banyak Anda membiarkan bidang lantai terlihat, maka semakin sering pula Anda harus membersihkannya. Secara umum lantai berbahan keras akan lebih tahan noda daripada yang halus. Bahan lantai sintetis seperti linoleum dan porselen juga lebih tangguh dan mudah dibersihkan. Setiap jenis lantai mempunyai teknik pembersihannya masing-masing.