Ruangan
Apr24

Ruang Tamu Terbuka vs Tertutup : Mana yang Lebih Baik?

Apakah anda ingin mendekorasi ruang tamu yang terbuka atau tertutup? Ruang tamu adalah ruangan yang bersifat publik. Ruang ini terletak di interior paling depan dan boleh diakses oleh siapapun yang bertamu. Oleh karena itu, ruangan ini seringkali menjadi penilaian pertama dari orang luar terhadap keseluruhan desain rumah anda.

Pada mulanya, ruang tamu digunakan secara khusus sebagai ruang penerimaan tamu yang datang mengunjungi rumah. Lambat laun, masyarakat bersikap lebih fleksibel dengan memfungsikan ruangan ini sekaligus sebagai ruang keluarga, ruang menonton TV, ruang makan, bahkan kamar tidur dadakan. Itu sebabnya, dekorasi ruang tamu perlu diperhatikan sedemikian rupa agar dapat berfungsi dengan baik dan tetap terasa nyaman sebagaimana mestinya.

Menurut tata letaknya, desain ruang tamu dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu ruang tamu terbuka dan tertutup. Tentu saja, masing-masing konsep desain tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan rumah tinggal kita. Simak ulasan lengkap mengenai seluk-beluk ruang tamu terbuka dan tertutup yang khas dari Arafuru.com berikut ini!

Ruang Tamu Terbuka

desain-ruang-tamu-terbuka.jpg

Ruang Tamu Terbuka

Ruang tamu terbuka paling cocok diterapkan di rumah berukuran kecil. Alasannya adalah konsep ini sangat ampuh digunakan untuk mengatasi keterbatasan lahan. Konsep ruangan terbuka biasanya dibuat dengan memanfaatkan teras sebagai ruang tamu. Selain itu, karena kondisinya yang sangat terbuka, ruang tamu ini juga bisa digunakan sekaligus untuk ruangan bersantai dan berkumpul dengan tetangga-tetangga di sekitar rumah.

Pada bangunan awal, anda dapat membuat perencanaan rumah dengan membangun teras berukuran cukup luas agar bisa menampung orang-orang yang bertamu. Sedangkan pada rumah yang sudah dibangun, cobalah melakukan renovasi dengan menghilangkan dinding penyekat ruang tamu dan teras untuk menggabungkan keduanya. Jika anda khawatir dengan tingkat keamanan di ruangan ini nantinya, gantilah dinding permanen tersebut dengan penyekat berbahan kaca transparan yang tebal.

Ruang Tamu Tertutup

desain-ruang-tamu-tertutup.jpg

Ruang Tamu Tertutup

Suatu ruang tamu bisa dikatakan tertutup apabila keempat sisi ruangannya ditutupi oleh penyekat dinding. Idealnya, ruang tamu tertutup minimal berukuran 3 x 3 meter agar tetap terasa nyaman. Konsep ruangan ini bersifat semi-publik dan mempunyai nilai privasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan konsep sebelumnya.

Agar ruang tamu yang dibangun dengan konsep tertutup ini tetap terjaga fungsinya, sebaiknya anda memperhatikan komposisi antara ruang dekorasi dan ruang gerak. Pastikan seluruh komponen desain yang dipakai benar-benar dibutuhkan dan berfungsi dengan baik. Hiasi sekeliling interior dengan warna-warni yang harmonis untuk menciptakan suasana yang indah dan lebih menarik.

Untuk mengesankan ruang tamu yang tertutup ini seolah-olah terlihat lebih luas, anda bisa menerapkan berbagai trik dekorasi. Misalnya adalah dengan menggunakan partisi berupa kaca untuk menghilangkan penyekat atau memasang cermin di salah satu sisi ruangan untuk menciptakan ruang semu. Bisa juga dengan menerapkan jendela memanjang secara horisontal untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih lebar atau jendela memanjang secara vertikal untuk memberikan ilusi ruangan yang lebih tinggi.