Ruangan
Nov8

Rahasia Membuat Ruang Kerja di Rumah Lebih Nyaman

Membuat ruang kerja di rumah lebih nyaman, bagaimana caranya? Saat ini, ruang kerja merupakan salah satu ruangan yang wajib ada di suatu rumah perkotaan. Hal ini dikarenakan semakin fleksibelnya aktifitas kerja yang memungkinkan pekerjaan bisa diselesaikan di rumah.

Namun tak seperti kelihatannya, membangun ruang kerja yang nyaman membutuhkan trik tersendiri. Apalagi jika rumah anda berada di lingkungan padat penduduk yang ramai. Jika salah merancangnya, bukan tidak mungkin aktifitas bekerja di ruangan ini malah akan membuat pekerjaan bertambah molor.

membuat-ruang-kerja-lebih-nyaman.jpg

Tidak mau kan hal itu terjadi? Oleh karena itu, cobalah tips dari Arafuru berikut ini :

1. Cari Lokasi yang Terisolasi

Ruang kerja yang ideal haruslah memiliki suasana yang damai dan menenangkan. Kondisi seperti ini memungkinkan pikiran kita bisa lebih fokus terhadap pekerjaan yang sedang digarap. Oleh karena itu, lokasi yang paling tepat adalah sudut rumah yang jauh dari kebisingan. Usahakan selagi bekerja di dalam ruangan, anda tidak bisa melihat dan mendengar aktifitas keluarga di rumah. Hindarilah membangun ruang kerja ini di ruangan yang bersebelahan dengan kamar mandi, dapur, dan ruang keluarga karena ruangan-ruangan ini terkenal berisik..

2. Pastikan Ruangan Tertutup

Jangan pernah membuat ruang kerja di lokasi terbuka, seperti menyatu dengan ruang tamu atau ruang keluarga. Ruang kerja yang tenang harus tertutup dan dikelilingi dengan dinding. Selain itu, pintu yang tertutup juga menandakan bahwa anda tengah bekerja, sehingga penghuni rumah lainnya akan berusaha tenang saat berada di sekitar ruang kerja. Dengan memastikan kondisi ruangan tetap tenang, anda pun bisa lebih meningkatkan produktifitas kerja.

3. Pastikan Ruangan Mendapat Sinar Matahari

Sinar matahari sangat bagus untuk meningkatkan energi anda, terutama sinar matahari pagi. Memastikan ruangan memiliki jendela sebagai jalan masuknya sinar dan udara akan membuat anda merasa lebih rileks. Namun di sisi lain, sinar matahari yang terlalu terik juga berefek negatif bagi anda maupun perangkat komputer. Pembuatan jendela yang terlalu rendah juga menyebabkan fokus kerja anda bisa cepat memudar, terutama bila ada sesuatu yang menarik yang tampak di jendela. Jadi, usahakan jendela ini dibangun pada posisi yang cukup tinggi.

4. Hadirkan Tanaman Segar

Seperti yang pernah kami bahas di sini, salah satu syarat ruang kerja yang produktif harus mempunyai tanaman. Begitupun dengan ruang kerja ideal yang ada di rumah anda. Kehadiran tanaman membuat suasana ruangan terasa fresh setiap saat. Warna hijaunya sangat menyejukkan mata, ditambah dengan kemampuannya dalam memproduksi oksigen. Sebaiknya, pilih tanaman yang berdaun lebar dan rawat secara rutin agar pesonanya terjaga.

5. Cahaya Lampu Bernuansa Putih Kebiruan

Pencahayaan berpengaruh besar untuk memastikan anda tetap teliti dalam memahami pekerjaan. Hindari menggunakan lampu bercahaya kuning keemasan sebab cahaya seperti ini membuat anda merasa santai dan beristirahat. Hal ini bertolak belakang dengan suasana yang seharusnya tercipta di ruang kerja yaitu penuh semangat. Nah, untuk jenis pencahayaan yang lebih tepat, gunakan lampu dengan cahaya berwarna putih kebiruan dan tingkat kecerahan sinar yang pas.

6. Usahakan Ruang Kerja Tetap Sederhana

Di ruang kerja, tujuan utama pembangunan dekorasi adalah menciptakan suasana kerja yang penuh konsentrasi dan tidak memusingkan mata. Dari sinilah kita bisa mengambil kesimpulan jika desain ruangan dengan konsep sederhana paling cocok diterapkan di ruangan ini. Dengan menjaga ruangan tetap rapi, anda lebih mudah untuk fokus terhadap pekerjaan. Sebaliknya, semakin banyak perabotan dan aksesoris yang menghiasi ruangan, semakin memusingkan pula suasana yang harus anda rasakan.

7. Plafon Tinggi Mendorong Kreatifitas

Selain ruangan yang mendukung fokus kerja, tentunya anda juga membutuhkan suasana yang bisa meningkatkan daya kreatifitas. Untuk mewujudkan hal ini, salah satu triknya adalah dengan mendirikan plafon yang cukup tinggi. Plafon seperti ini memungkinkan anda bisa menerawang dan berimajinasi lebih jauh meskipun di dalam ruangan. Plafon yang tinggi juga memungkinkan aliran udara di dalam ruangan menjadi lebih lancar.