Ruangan
Oct13

Panduan Menata Dapur Mungil agar Semakin Menarik

Menata dapur mungil memang sangat menantang. Ada beberapa langkah yang bisa anda coba agar suasana di dalamnya terasa lebih lapang dan nyaman. Misalnya adalah mengatur pencahayaan, memainkan warna, dan menambah furniture. Biar dapur berukuran mungil semakin menarik, cobalah ikuti panduan dari Arafuru berikut ini :

Langkah Pertama

panduan-menata-dapur.jpg

Dapur yang ideal setidaknya harus memiliki sebuah jendela. Selain sebagai tempat keluar masuknya udara, adanya jendela memungkinkan ruangan bisa mendapatkan cahaya matahari yang cukup dan terlihat terang. Kehadiran jendela juga sangat berguna jika terjadi kebocoran pada elpiji, khususnya dalam membuang gas elpiji tersebut.

Sebaiknya, jendela dibangun pada dinding dapur bagian samping yang letaknya tidak terlalu dekat dengan kompor. Hal ini dimaksudkan agar angin yang masuk melalui jendela tersebut tidak menggangu nyala api kompor, sehingga aktifitas memasak pun tidak terganggu. Agar semakin cantik, tempatkan satu pot tanaman berbunga di belakang jendela tersebut.

Langkah Kedua

panduan-menata-dapur-mungil.jpg

Dapur yang mungil membutuhkan pewarnaan yang tepat agar suasananya tampak lebih luas dari ukuran aslinya. Warna-warna terang seperti biru langit, hijau pupus, kuning gading, dan coppal orange bekerja baik untuk ruangan berjenis ini. Jangan lupa untuk memadukannya dengan warna putih agar penampilan ruangan terlihat semakin dinamis.

Pengaturan pencahayaan buatan yang digunakan sebagai penerangan di malam hari juga perlu diperhatikan. Pemasangan beberapa bohlam lampu secara menyebar lebih disarankan daripada menggantungkan sebuah lampu bertenaga besar. Cahaya lampu yang menyebar akan terlihat alami dan nyaman di mata. Sebaliknya, cahaya yang terlalu kuat akan menyilaukan pandangan sehingga aktifitas memasak pun bisa terganggu.

Langkah Ketiga

panduan-menata-dapur-kecil.jpg

Fokus utama dalam mengatur tata letak dapur mungil adalah penghematan ruangan. Semakin banyak ruang kosong yang tercipta, maka akan semakin bagus karena bisa menghasilkan kesan yang semakin lapang.

Untuk menghemat ruangan di dapur, salah satunya anda bisa menggunakan kitchen set gantung. Furniture ini berguna sebagai tempat menyimpan perabotan masak agar terlihat lebih ringkas dan rapi.

Langkah Keempat

panduan-menata-dapur-sempit.jpg

Peralatan masak yang digunakan pada dapur ukuran kecil juga perlu disesuaikan, baik dari segi ukuran maupun desainnya. Sebab, kebanyakan perabotan masak ini umumnya belum didesain secara khusus agar mudah ditata rapi. Oleh karena itu, peralatan dapur bergaya modern dan minimalis merupakan pilihan yang paling tepat. Mayoritas peralatan masak yang didesain secara modern memiliki bentuk yang sederhana dan mudah ditata.

Jangan lupakan juga soal penataan bumbu-bumbu dapur. Kebanyakan penyebab pecahnya lingkungan dapur adalah karena bumbu-bumbu ini tersebar disana-sini. Cobalah memilih botol bumbu berbentuk sama, lalu berikan label agar mudah dikenali.

Langkah Kelima

panduan-menata-dapur-ukuran-mungil.jpg

Terakhir adalah memastikan desain interior dari dapur tersebut selalu bersih. Dapur yang teratur rapi dan beraroma segar memungkinkan suasana di dalamnya menjadi lebih nyaman. Aktifitas memasak pun menjadi lebih menyenangkan. Sebaliknya, tatanan dapur yang berantakan mengakibatkan suasananya terasa semakin sempit.