Ruangan
Dec4

Mengatur Tata Letak Ruangan di Rumah Sesuai Feng Shui

Di dalam ilmu feng shui, terdapat beberapa aturan mengenai tata letak ruangan rumah yang benar. Tujuannya agar gerakan chi dapat mengalir bebas ke seluruh sudut rumah tanpa tercampur dengan energi negatif. Akhirnya, rumah pun menjadi lebih menguntungkan bagi penghuni rumah dan meningkatkan kemakmurannya.

Bagaimanakah pengaturan tata letak ruangan menurut feng shui? Berikut ulasan dari Arafuru selengkapnya :

1. Pintu Utama

tata-letak-menurut-fengshui.jpg

Langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah pengaturan posisi pintu utama. Fungsi pintu merupakan jalan masuknya segala bentuk energi ke dalam rumah. Agar energi tersebut dapat mengalir bebas, usahakan pintu tidak menghadap ke ruangan yang berukuran sempit. Selain itu, hindarilah menempatkan pintu utama di dekat kamar mandi, toilet, jendela, tangga, cermin, dan pilar rumah.

2. Ruang Tamu

tata-letak-ruang-tamu-menurut-fengshui.jpg

Area selanjutnya yang harus diperhatikan penempatannya adalah ruang tamu. Menurut feng shui, ruang tamu yang baik adalah ruangan yang berada separuh di luar rumah. Sebaiknya, ruang tamu ini menyatu dengan posisi pintu depan ketimbang pintu belakang.

3. Ruang Makan dan Ruang Keluarga

tata-letak-ruang-makan-menurut-fengshui.jpg

Ruang makan dan ruang keluarga mempunyai fungsi yang sama yaitu sebagai tempat berkumpul keluarga. Oleh karena itu, posisi paling baik dari kedua ruangan ini adalah di tengah-tengah interior rumah. Langkah ini akan menciptakan suasana ruang makan dan ruang keluarga yang terasa harmonis.

4. Dapur

tata-letak-dapur-menurut-fengshui.jpg

Untuk ruangan yang keempat adalah dapur. Sebagai ruang memasak, letak dapur sebaiknya berada setengah di dalam rumah. Kebalikan dari ruang tamu, hendaknya dapur menyatu dengan pintu belakang. Dapur yang menyatu dengan pintu depan akan membuat penghuni rumah terus-menerus berpikiran soal makanan.

5. Kamar Mandi

tata-letak-kamar-mandi-menurut-fengshui.jpg

Usahakan kamar mandi di rumah anda bisa tertutup setiap waktu. Hindarilah mendirikan kamar mandi yang terlalu besar, cukup berukuran seperlunya saja. Hindari juga menghadapkan pintu kamar mandi persis ke arah pintu ruangan lainnya. Sementara untuk posisi kamar mandi yang buruk terletak di tenggara dan barat laut.

6. Kamar Tidur

tata-letak-kamar-tidur-menurut-fengshui.jpg

Apabila rumah terdiri dari beberapa tingkatan, letak kamar tidur harus berada di tingkat yang lebih tinggi daripada ruang makan dan ruang tamu. Begitupun untuk ruang makan, ruangan ini harus terletak lebih tinggi dari ruang tamu. Rumah bertingkat memang lebih berisiko karena jika tidak seimbang pembagian ruangannya, bisa mengakibatkan penghuninya lebih boros dalam mengelola uang.

7. Lorong

tata-letak-lorong-menurut-fengshui.jpg

Lorong yang panjang di dalam rumah ibarat panah beracun. Lorong seperti ini akan mengakibatkan keluarga tidak rukun, tidak bisa saling mengerti, dan saling berselisih paham. Oleh karena itu, sebaiknya semua sudut interior rumah anda memiliki fungsi sehingga tidak terbentuk lorong kosong seperti ini.