Ruangan
Dec24

Menata Ruang Keluarga yang Nyaman dan Penuh Keakraban

Apakah anda ingin menata ruang keluarga yang nyaman dan penuh dengan keakraban? Fungsi utama ruang keluarga di suatu rumah adalah sebagai tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga untuk saling bercengkrama, mempererat hubungan tali persaudaraan, dan mengenal karakteristik masing-masing. Mengingat kegunaannya yang sangat penting tersebut, wajib bagi anda memperhatikan penataan ruangan ini yang memungkinkan seluruh keluarga bisa merasakan kenyamanan dan penuh keakraban di dalamnya.

Kali ini arafuru akan berbagi ide-ide seputar penataan ruang keluarga, berikut selengkapnya :

Atur Posisi Tempat Duduk agar Saling Berhadapan

tempat-duduk-saling-berhadapan.jpg

Pengaturan tempat duduk dengan posisi saling berhadap memungkinkan penghuni ruangan bisa saling bertatap muka. Sehingga komunikasi keluarga pun menjadi lebih lancar dan bukan hanya tertuju pada televisi saja. Meskipun tidak seluruh anggota keluarga senang bercakap-cakap, tetapi semuanya pasti ingin terlibat dalam suatu percakapan. Model penataan ruangan seperti ini mendukung hal seperti itu bisa terwujud.

Hadirkan Titik Fokus Ruangan Tambahan

tips-menata-ruang-keluarga.jpg

Pada umumnya, sebuah ruangan hanya memiliki satu titik fokus sebagai pusat perhatian. Khusus untuk ruang keluarga titik fokus yang dimaksud kebanyakan berupa televisi. Pada ruang keluarga yang ingin diolah agar bersifat dinamis, kemungkinan besar akan terjadi perbedaan keinginan dalam satu waktu yang sama. Itu sebabnya, hadirlah titik fokus kedua untuk mengalihkan perhatian salah satu pihak. Misalnya ketika anda sedang asyik menonton acara sepakbola, anak-anak ingin melihat serial kartun favoritnya. Untuk mengantisipasi hal ini, anda bisa menaruh akuarium agar perhatian anak lebih tertuju ke ikan-ikan.

Sofa dengan Sandaran Punggung Besar

menata-ruang-keluarga-yang-nyaman.jpg

Untuk memastikan anda sekeluarga merasa nyaman di ruangan ini, cobalah menaruh tempat duduk berupa sofa. Namun bukan sembarang sofa, disarankan gunakan sofa empuk berukuran besar yang mampu menampung tubuh anda dengan leluasa. Lebih bagus lagi jika sofa tersebut memiliki sandaran yang cukup tinggi sehingga anda bisa bersantai dengan nyaman di atasnya.

Permainan untuk Mempererat Kebersamaan

ruang-keluarga-penuh-keakraban.jpg

Untuk menarik perhatian seluruh keluarga dan membiasakan mereka hidup bersama, anda bisa menaruh beberapa alat permainan di ruang keluarga. Misalnya papan catur, buku-buku, permainan monopoli, dan lain-lain. Dengan begini, ruang keluarga bisa mengakomodir kebutuhan seluruh penghuni rumah. Bahkan, mungkin saja ruang keluarga ini bisa menjadi ruangan di rumah yang paling difavoritkan.

Pencahayaan yang Bersifat Hangat

menata-pencahayaan-ruang-keluarga.jpg

Untuk lebih merekatkan perasaan di dalam ruang keluarga kian akrab, anda bisa mengatur pencahayaan yang berjenis hangat. Pencahayaan ini dapat dihadirkan dari lampu-lampu berwarna kuning keemasan. Taruhlah lampu tersebut di sekitar fokus ruangan, sehingga anda sekeluarga yang duduk tidak jauh darinya bisa merasakan sensasi yang dihasilkan oleh lampu ini.