Ruangan
Dec5

Macam-macam Pengaturan Tata Letak Model Dapur

Apa saja macam-macam pengaturan tata letak model dapur? Saat ini, eksistensi dapur bukan hanya sebatas tempat memasak, tetapi juga memiliki pengaruh estetika tersendiri. Maka tak heran, jika sekarang ini ada banyak model penataan perabotan dan ruangan untuk menciptakan desain dapur sesuai karakteristiknya.

Apa saja?

1. Dapur Model Island

dapur-model-island.jpg

Untuk anda yang memiliki dapur berukuran cukup luas, cobalah menerapkan penataan model island. Model ini akan menciptakan ruangan memasak yang bernuansa eksklusif. Ciri utamanya adalah adanya meja di tengah ruangan sebagai “pulau” baik untuk meracik bahan makanan maupun meja penyajiannya. Selain itu, penataan peralatan dapur juga dibuat berkelompok.

2. Dapur Model U

dapur-model-u.jpg

Penataan dapur dengan model U memanfaatkan tiga sisi dinding. Model seperti ini sangat pas diaplikasikan bila perabotan dapur di rumah anda cukup banyak dengan aktifitas memasak yang tinggi. Semua fungsi dapur, dari sebagai tempat memasak, mencuci piring, hingga menyimpan perabotan terpenuhi seluruhnya.

3. Dapur Model L

dapur-model-l.jpg

Biasanya, bentuk L diterapkan pada dapur yang berukuran kecil. Model ini memanfaatkan dua sisi dinding ruangan. Pada sisi pertama digunakan sebagai dapur bersih, sedangkan sisi kedua sebagai dapur kotor.

4. Dapur Model Single Line

dapur-model-single-line.jpg

Dapur single line dibuat dengan menata ruangan dapur membentuk satu garis lurus. Jadi, antara dapur bersih dan dapur kotor ditempatkan dalam satu baris. Oleh karena itu, model ini biasanya diterapkan pada rumah mungil yang memiliki ruangan dapur memanjang dan sempit.

5. Dapur Model Double Line

Sama seperti model single line, pengaturan tata letak double line juga pas bila diaplikasikan pada dapur memanjang. Bedanya, pengaturan yang digunakan membentuk dua garis yang berlawanan. Hal ini memungkinkan area dapur bersih dan dapur kotor dapat dipisah sesuai peruntukannya.