Ruangan
Jun1

Macam-macam Desain Rumah yang Harus Anda Ketahui

Ada bermacam-macam desain rumah yang berkembang di Indonesia dan dipengaruhi oleh kebudayaan dari seluruh penjuru dunia. Beberapa di antaranya bahkan ada yang sudah sangat populer, sehingga banyak arsitek yang memadukannya dengan seni tradisional kita sehingga menghasilkan suatu desain yang unik.

Berikut ini daftar desain-desain tersebut selengkapnya :

1. Desain Modern

Arsitektur modern memiliki tampilan yang terlihat bersih dan penggunaan unsur dekorasi yang dilakukan secara efisien. Ciri-ciri desain ini antara lain ruang interior yang terbuka, penggunaan garis-garis dekoratif, pemakaian perabotan rumah tangga yang bersifat modern, penataan interior berpola asimetris, dan penekanan fungsionalitas desain daripada estetikanya. Perlu anda ketahui bahwa desain modern ini tidak sama dengan desain kontemporer.

macam-desain-rumah.jpg

2. Desain Kontemporer

Karena menghasilkan rumah dengan tampilan yang hampir mirip, banyak orang yang salah kaprah mengira desain kontemporer itu sama seperti desain modern. Padahal keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Desain rumah kontemporer banyak menggunakan material bangunan yang alami, bersifat daur ulang, dan ramah lingkungan. Sebagai contoh adalah penggunaan jendela yang berjumlah banyak, lantai dan pintu berbahan kayu, hiasan dinding dari kerajinan tangan, dan lain-lain.

3. Desain Kolonial

Desain kolonial di Indonesia banyak dipengaruhi oleh kebudayaan di Eropa, terutama Negara Belanda. Saat ini, kita masih bisa melihat bangunan-bangunan peninggalan Bangsa Kolonial ini di beberapa tempat, termasuk di Kabupaten Kendal. Adapun ciri-ciri dari desain ini adalah penggunaan pintu dan jendela yang berukuran tinggi dan besar, penambahan cerobong asap, serta struktur bangunannya yang kokoh menjulang.

4. Desain Pertengahan

Desain pertengahan ini muncul di saat masa-masa transisi menuju teknik arsitektur yang bersifat modern. Adapun tokoh yang mempopulerkan desain ini adalah Ayn Rand. Ciri-cirinya yaitu penataan dinding yang terlihat datar, penggunaan jendela sebagai partisi eksterior, dan usaha untuk menyatukan isi rumah dengan lingkungan alam di sisi luarnya.

5. Desain Ala Perancis

Perancis memiliki rumah dengan ciri khas berupa desain yang simetris, atap miring yang curam, dan sifat romantisme yang sangat kental. Desain ini menawarkan lingkungan rumah yang sangat indah dengan tambahan taman di sekelilingnya.

6. Desain Spanyol

Salah satu desain rumah yang mulai diminati oleh masyarakat Indonesia adalah desain bergaya Spanyol. Desain ini memiliki dinding yang tampak berwarna putih, penggunaan atap genteng, pembuatan teras dengan kanopi, dan hiasan mural di beberapa sudut ruangan. Sama seperti gaya Perancis, gaya ini juga mengharuskan adanya taman di sekeliling rumah.

7. Desain Mediterania

Desain mediterania banyak ditemukan di rumah-rumah milik masyarakat Spanyol dan Portugal, serta beberapa kota-kota di Amerika Serikat. Di antara ciri-cirinya yaitu atap berwarna merah, dinding berhias relief, dan penggunaan garis lengkung yang menawan.

8. Desain Romawi dan Yunani

Desain romawi dan yunani termasuk konsep rumah yang pertama kali lahir dan menjadi kebudayaan manusia. Penampilannya yang kokoh dan cantik membuat desain ini banyak digunakan pada bangunan-bangunan yang bersifat publik. Ciri-ciri desain bergaya romawi dan yunani antara lain langit-langit interior yang tinggi, teras depan yang luas, pintu dekoratif dengan ukiran-ukiran khas romawi dan yunani, pagar berbahan besi, konstruksi batu bata, serta deretan jendela berukuran lebar. Selain itu, penataan interiornya pun biasanya dipenuhi oleh benda-benda klasik yang bernilai seni tinggi.

9. Desain Khas Asia

Desain bergaya Asia banyak dipengaruhi oleh kebudayaan dari negara-negara di Asia Timur, seperti Jepang, Korea, dan Daratan China lainnya. Ciri-cirinya yaitu dinding rumah yang terbuat dari kayu atau bambu, pengolahan interior yang menyatu dengan alam, suasana rumah yang tenang dan damai, serta penggunaan unsur-unsur dekorasi yang bersifat sederhana.

10. Desain Minimalis

Desain minimalis adalah desain rumah yang sedang populer saat ini. Desain ini lahir sebagai jawaban dari begitu berharganya waktu sehingga membuat orang-orang menginginkan sesuatu yang bersifat praktis dan efisien. Oleh karena itulah, pada rumah minimalis, penggunaan unsur-unsur desain diusahakan seminim mungkin sesuai dengan kebutuhan, dan dipilih yang memiliki kegunaan sekaligus keindahan. Desain ini banyak diaplikasikan pada rumah-rumah di daerah perkotaan di mana tingkat kesibukan penghuninya sangat tinggi.