Ruangan
Jun1

Macam-macam Desain Rumah yang Harus Anda Ketahui

macam-macam-desain-rumah.jpg

Ada bermacam-macam desain rumah yang berkembang di Indonesia dan dipengaruhi oleh kebudayaan dari seluruh penjuru dunia. Beberapa di antaranya bahkan ada yang sudah sangat populer, sehingga banyak arsitek yang memadukannya dengan seni tradisional kita sehingga menghasilkan suatu desain yang unik.

Berikut ini daftar desain-desain tersebut selengkapnya :

1. Desain Modern

Arsitektur modern memiliki tampilan yang terlihat bersih dan penggunaan unsur dekorasi yang dilakukan secara efisien. Ciri-ciri desain ini antara lain ruang interior yang terbuka, penggunaan garis-garis dekoratif, pemakaian perabotan rumah tangga yang bersifat modern, penataan interior berpola asimetris, dan penekanan fungsionalitas desain daripada estetikanya. Perlu anda ketahui bahwa desain modern ini tidak sama dengan desain kontemporer.

2. Desain Kontemporer

Karena menghasilkan rumah dengan tampilan yang hampir mirip, banyak orang yang salah kaprah mengira desain kontemporer itu sama seperti desain modern. Padahal keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Desain rumah kontemporer banyak menggunakan material bangunan yang alami, bersifat daur ulang, dan ramah lingkungan. Sebagai contoh adalah penggunaan jendela yang berjumlah banyak, lantai dan pintu berbahan kayu, hiasan dinding dari kerajinan tangan, dan lain-lain.

3. Desain Kolonial

Desain kolonial di Indonesia banyak dipengaruhi oleh kebudayaan di Eropa, terutama Negara Belanda. Saat ini, kita masih bisa melihat bangunan-bangunan peninggalan Bangsa Kolonial ini di beberapa tempat, termasuk di Kabupaten Kendal. Adapun ciri-ciri dari desain ini adalah penggunaan pintu dan jendela yang berukuran tinggi dan besar, penambahan cerobong asap, serta struktur bangunannya yang kokoh menjulang.

4. Desain Pertengahan

Desain pertengahan ini muncul di saat masa-masa transisi menuju teknik arsitektur yang bersifat modern. Adapun tokoh yang mempopulerkan desain ini adalah Ayn Rand. Ciri-cirinya yaitu penataan dinding yang terlihat datar, penggunaan jendela sebagai partisi eksterior, dan usaha untuk menyatukan isi rumah dengan lingkungan alam di sisi luarnya.

5. Desain Ala Perancis

Perancis memiliki rumah dengan ciri khas berupa desain yang simetris, atap miring yang curam, dan sifat romantisme yang sangat kental. Desain ini menawarkan lingkungan rumah yang sangat indah dengan tambahan taman di sekelilingnya.