Ruangan
Aug3

Keren Nih, Tips Membuat Kamar Mandi di Bawah Tangga

membuat-kamar-mandi-di-bawah-tangga.jpg

Apakah Anda merasa kebingungan untuk memanfaatkan area di bawah tangga? Ingin menjadikannya sebagai gudang tapi kurang pantas karena berada di tengah-tengah rumah. Bagaimana kalau membuat sebuah kamar mandi saja di sana? Ternyata, mudah sekali lho caranya. Mau tahu?

Di dalam pembuatan arsitektur rumah bertingkat tidak bisa dilepaskan dari keberadaan tangga. Tangga rumah menjadi penghubung yang praktis antara lantai dasar dengan lantai yang berada di bagian atasannya. Banyak orang yang berlomba-lomba mendesain tangga seindah mungkin, tetapi bingun untuk memanfaatkan area di bawah tangga. Membiarkannya tergeletak begitu saja tentu bukan ide yang tepat. Oleh sebab itu, banyak orang yang menyulapnya menjadi kamar mandi.

Apa saja kelebihannya?

  • Secara otomatis tentu pemanfaatan mengakibatkan tidak ada ruang yang menganggur di rumah Anda
  • Bisa dijadikan sebagai kamar mandi tambahan/kamar mandi tamu
  • Pemanfaatan interim rumah menjadi lebih maksimal

Semakin berminat untuk membuat kamar mandi di bawah tangga? Berikut ini tips-tips yang perlu Anda perhatikan saat proses pembuatannya :

1. Mengukur Keadaan Ruang

Pertama-tama yang perlu Anda lakukan adalah mengukur dan menimbang apakah area tersebut layak dijadikan sebagai kamar mandi. Adapun beberapa syarat yang perlu Anda cermati yaitu ketinggian dan lebarnya. Ketinggian minimal kamar mandi yang ideal adalah 2 meter dengan lebar minimal 1 meter. Karena berfungsi sebagai kamar mandi untuk tamu, maka di dalamnya cukup dilengkapi dengan wastafel dan toilet.

2. Penataan Peralatan Mandi

Seperti kita ketahui, area bawah tangga memiliki bentuk yang miring. Oleh sebab itu, Anda perlu mensiasatinya secara pintar agar setiap sudutnya bisa dimanfaatkan secara maksimal. Untuk bagian yang lebih rendah, Anda bisa menjadikannya sebagai tempat meletakkan peralatan mandi. Sedangkan, kloset dan wastafel-nya bisa diletakkan di sudut ruangan yang lebih tinggi.

3. Pengaturan Pencahayaan

Secara alami, kamar mandi membutuhkan dua sumber cahaya yakni matahari dan lampu. Sumber-sumber cahaya ini berguna agar lingkungan di dalam kamar mandi yang biasanya lembab, menjadi tetap sehat dan tidak berjamur. Pastikan cahaya pertama yaitu matahari bisa masuk dari balik dinding dengan cara membuatkan jendela. Sedangkan untuk lampu bisa Anda letakkan tepat di tengah-tengah ruangan yang paling tinggi.

4. Pengaturan Sirkulasi Udara

Selain pencahayaa, aliran udara juga dibutuhkan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Pastikan Anda membuat ventilasi tambahan, selain jendela, agar arah keluar masuknya udara semakin lancar dan tidak bertumbukan. Temuilah ini bisa dibuat di atas jendela maupun terbersah di bagian dinding yang lain.

Demikian beberapa tips sederhana dalam memanfaatkan area bawah tangga sebagai kamar mandi. Sebenarnya, ada banyak sekali ide menarik dalam memanfaatkan ruangan ini. Sedangkan kamar mandi merupakan salah satu contoh dari sekian ide yang paling sering digunakan. Penasaran dengan ide yang lain? Silahkan tunggu artikel selanjutnya ya!