Ruangan
Jul4

Kelebihan dan Kekurangan Desain Ruang Tamu Terbuka

Apakah anda ingin merancang interior ruang tamu terbuka? Apa kelebihan dan kekurangan dari desain yang satu ini?

desain-ruang-tamu-terbuka.jpg

Ruang tamu yang terbuka, di samping akan membuat ruangan terasa lebih luas, suasana kekeluargaan pun akan meningkat. Namun di sisi lain, privasi anda sekeluarga jadi terbatas, terutama ketika ada tamu yang datang berkunjung.

Pada dasarnya, ruang tamu terbuka dibuat dengan cara menyatukan ruang tamu dengan ruangan lainnya, seperti ruang keluarga, ruang makan, dan dapur. Tidak jarang, taman di samping rumah pun kerap digabung dengan ruang tamu.

Lalu, apa kelebihan dari ruang tamu seperti ini?

Kebersamaan Keluarga Lebih Terasa

Secara otomatis, ruangan yang terbuka akan menghubungkan beberapa ruangan sekaligus. Sehingga, meskipun kita berada di ruang yang berbeda, rasanya tetap masih dalam satu ruangan. Sebagai contoh, ketika anda sedang memasak, maka anda tetap bisa ngobrol dengan anak-anak yang asyik menonton tv. Alhasil, anda tidak akan kehilangan momen-momen menyenangkan bersama keluarga tercinta.

Penataan Furnitur Jadi Lebih Fleksibel

Menata furnitur di ruangan yang terbuka jauh lebih mudah karena anda tidak terkekang oleh terbatasnya ruangan. Anda bisa mengubah suasana ruang tamu dan ruang keluarga sekaligus, kapanpun anda mau. Ruangan terbuka juga memberikan peluang yang lebih banyak untuk menunjukkan daya imajinasi anda dalam mendekor ruangan.

Interaksi Keluarga Akan Lebih Mudah

Berinteraksi dengan anggota keluarga akan lebih menyenangkan tanpa adanya sekat dan dinding yang menghalangi. Tak jarang, kejadian-kejadian tak terduga pun kerap muncul di ruangan seperti ini. Selain itu, karena lebih luas, maka percakapan bisa melibatkan lebih banyak orang.

Aliran Udara Menjadi Lancar

Dengan terbukanya ruang tamu, udara pun bisa mengalir bebas keluar masuk di interior rumah. Ruangan jadi lebih segar berkat pasokan oksigen yang meningkat. Namun, hal ini juga bergantung pada seberapa banyak anda menggunakan ventilasi ruangan.

Tampilan Ruangan Terlihat Minimalis

Bagi anda yang menyukai ruang tamu minimalis, membuka ruangan merupakan salah satu langkah efektif untuk mewujudkan gaya minimalis. Dengan kata lain, interior tampak lebih modern dan kebersihan ruangan lebih terjaga.

Pencahayaan Ruangan Lebih Maksimal

Sama seperti aliran udara, ruangan yang terbuka pun membuat jumlah sinar matahari yang masuk menjadi lebih banyak. Penggunaan listrik juga lebih hemat karena anda tidak perlu lagi menyalakan lampu di siang hari. Begitupun saat malam harinya, kebutuhan bola lampu bisa dikurangi.

Sedangkan kekurangannya antara lain :