Ruangan
Dec11

Jangan Gusar! Tips Mendesain Interior Rumah Berukuran Besar

Kesulitan dalam mendesain interior rumah yang berukuran besar? Pada dasarnya, fokus utama pada penataan ruangan yang luas adalah keselarasan desain. Anda dituntut untuk mengisi setiap jengkal ruangan dengan suatu fungsi yang saling terhubung.

Bisa dibilang, mendekorasi interior yang luas ini membutuhkan teknik desain yang lebih mendalam. Tapi, di sinilah tantangan itu berada. Keuntungannya, ide-ide anda yang biasanya terpendam saat mendekorasi ruangan mungil bisa lebih tersalurkan.

Sebagai permulaannya, berikut ini tips-tips sederhana dari Arafuru selengkapnya :

1. Buatlah Ruangan Memiliki Beberapa Fungsi

tips-mendesain-interior.jpg

Bagi anda yang memiliki interior dengan ukuran yang cukup luas, anda bisa menambahkan beberapa fungsi dalam ruangan tersebut. Sebagai contoh, ketika ukuran ruangan memasak di rumah anda terlalu besar, anda bisa meletakkan kursi dan meja makan di salah satu sudut ruangan. Hasilnya, ruangan tampak seimbang dan berfungsi dengan baik.

2. Menaruh Daybed Sebagai Kasur Bersantai

tips-mendesain-interior-rumah.jpg

Daybed adalah istilah untuk kasur berukuran mini yang biasanya ditempatkan di luar kamar tidur. Selain berfungsi sebagai tempat tidur, bentuk daybed juga memungkinkannya menjadi sofa tambahan yang cantik. Furnitur ini bisa anda letakkan di tengah-tengah interior sebagai partisi visual. Kini, anda bisa berbaring dengan santai di luar kamar tidur.

3. Manfaatkan Sofa-sofa Berukuran Besar

sofa-ukuran-besar.jpg

Tempat duduk paling ideal untuk ruangan yang besar, apalagi kalau bukan sofa yang juga berukuran besar. Dimensi ukuran sofa seperti ini akan tampak proporsional di dalam interior rumah anda. Benefit lainnya, sofa besar biasanya lebih empuk dan lebih nyaman.

4. Aplikasikan Beragam Warna Cat Dinding

warna-cat-interior-besar.jpg

Penggunaan satu warna saja di dinding ruangan yang berukuran besar akan tampak monoton sekali. Oleh karena itu, mainkanlah daya kreatifitas anda agar suasana ruangan menjadi lebih hidup. Cobalah beberapa saran kombinasi warna yang pernah kami bahas di sini. Selain sebagai aksesoris, warna cat dinding juga berguna sebagai pembatas ruangan visual.

5. Menaruh Tanaman Indoor yang Tinggi

interior-dengan-tanaman-tinggi.jpg

Untuk mengimbangi langit-langit rumah yang menjulang tinggi, cobalah menambahkan tanaman indoor yang juga berukuran tinggi. Susunlah tanaman-tanaman ini di salah satu sudut interior membentuk pola yang alami dan menarik. Agar pesonanya tetap terjaga, jangan lupa pastikanlah seluruh tanaman ini bisa mendapatkan sinar matahari langsung.