Ruangan
Feb19

Inilah 5 Tips Dekorasi Kamar Tidur Ukuran Kecil

Ingin mendekorasi kamar tidur berukuran kecil supaya tampil menarik? Fungsi kamar tidur yang ditujukan sebagai tempat beristirahat menuntut suasananya harus terasa nyaman dan menenangkan. Tak terkecuali jika ukuran kamar yang anda miliki tergolong kecil, anda perlu mengolah desainnya sedemikian rupa sehingga kamar tersebut tetap terasa lapang.

dekorasi-kamar-tidur-kecil.jpg

Gambar Kamar Tidur Ukuran Kecil

Di bawah ini kiat-kiat mendesain kamar tidur ukuran kecil ala Arafuru.

1. Tentukan Tema yang Ingin Diciptakan

Meskipun berukuran kecil, bukan berarti anda tidak bisa menciptakan desain kamar tidur yang sesuai keinginan. Seberapapun ukuran luas kamar yang dimiliki, anda tetap bisa membuatnya tampil menarik dan sesuai dengan karakteristik penghuninya. Apakah anda ingin menciptakan kamar tidur bernuansa modern, minimalis, tradisional, rustic, natural, atau yang lainnya? Jadikan tema interior yang telah dipilih tersebut sebagai landasan anda dalam mengolah segala unsur desain pada tahap selanjutnya.

2. Gunakan Warna Cat yang Bernuansa Cerah

Agar nyaman, kamar tidur yang sempit perlu dirancang sedemikian rupa supaya terasa lebih luas daripada ukuran aslinya. Kesan lapang semacam ini salah satu caranya bisa dibuat dengan memanfaatkan warna kamar tidur yang bernuansa cerah. Warna putih, krem, kuning, hijau, dan biru muda merupakan warna-warna yang seringkali mendominasi kamar tidur berukuran kecil. Pilih warna mana yang anda sukai, lalu tambahkan sedikit aksen dari warna gelap yang harmonis supaya kamar lebih hidup dan berwarna.

3. Pencahayaan dari Sinar Putih yang Terang

Kesan ruangan yang lebih luas juga bisa dimunculkan dari penggunaan lampu bersinar putih terang. Terapkan teknik pencahayaan yang menyebar dengan memanfaatkan beberapa buah lampu dinding, sehingga suasana kamar tidur terlihat alami. Usahakan, pencahayaan lampu yang dipakai tidak menyilaukan mata sehingga sinarnya tidak menggangu kenyamanan waktu istirahat anda.

4. Biarkan Kamar Tidur Berfungsi Semestinya

Seperti kita tahu, fungsi utama kamar tidur adalah sebagai tempat untu tidur. Namun terkadang, kita terjebak dengan menambahkan perabotan-perabotan untuk mendukung fungsi lain, sehingga tanpa sadar kamar pun semakin sempit. Padahal jika anda tetap mempertahankan fungsi awal ini, niscaya ukuran kamar tidur yang kecil bukan menjadi hambatan untuk membuatnya terasa nyaman. Kalaupun anda ingin menggunakan kamar untuk kegiatan lain, manfaatkan lah bagian bidang vertikalnya agar interior tidak terasa sempit. Contohnya anda bisa membangun rak-rak di sekeliling dinding ruangan.

5. Pilih Furnitur dengan Ukuran yang Proporsional

Walaupun kamar tidur yang anda miliki berukuran kecil, bukan berarti anda harus menggunakan furnitur yang berukuran kecil pula. Furnitur sebaiknya terasa nyaman agar keberadaannya dapat berfungsi dengan baik mendukung kegiatan anda di dalam kamar. Perhatikan perbandingan antara ukuran kamar dengan ukuran semua furnitur di dalamnya. Pastikan keduanya tampak proporsional, di mana masih tersisa ruang gerak yang cukup untuk tempat anda berlalu-lalang di dalam kamar tidur.