Ruangan
Jul24

Ini Trik Menata Ruang Tamu Kecil di Rumah Mungil!

Apakah anda memerlukan trik menata ruang tamu kecil di rumah mungil? Sebagai tempat menerima tamu, ruang tamu harus dibuat di setiap rumah tak peduli berapapun ukurannya. Ruangan ini berfungsi untuk memisahkan area publik dan privat sehingga kenyamanan tamu dan anda sekeluarga tetap dapat dijaga.

trik-menata-ruang-tamu-kecil.jpg

Ruang Tamu Kecil

Pada umumnya, rumah bertipe 36 dan 45 memiliki ruang tamu yang berukuran kecil. Ruang tamu dibuat dengan ukuran 2,5 x 2,5 meter sampai 3 x 3 meter. Tentu anda membutuhkan trik tersendiri dalam menata ruang tamu kecil tersebut agar suasananya terasa nyaman dan menyenangkan. Di bawah ini kiat-kiat selengkapnya dari Arafuru.com!

Ciptakan Desain Minimalis

Untuk ruangan-ruangan yang berukuran kecil, desain minimalis selalu sempurna. Desain ini menawarkan ruangan yang tampak elegan dengan teknik pengolahan yang sederhana. Unsur-unsur dekorasi yang dimilikinya pun lebih sedikit dibandingkan dengan konsep desain yang lainnya. Hal ini memungkinkan ruangan bisa terlihat indah dan terjaga kelapangannya.

Masukkan Perabotan Seperlunya

Di ruang tamu yang mungil, anda hanya membutuhkan sebuah sofa berukuran dua seat, sebuah kursi jok tanpa sandaran, dan sebuah meja kecil. Susun ketiga perabotan ini di tengah-tengah ruangan dan hindari posisi menempel ke dinding karena bisa menimbulkan kesan ruangan yang sempit. Pada dinding ruangan, anda bisa memasang rak-rak dinding dan memasukkan aksesoris untuk menghidupkan suasana. Boleh juga menggantungkan lukisan, asal ukuran dan jumlahnya proporsional dengan ruangan.

Menempelkan Wallpaper Dinding

Dibandingkan dengan cat, wallpaper mempunyai pesona yang lebih menarik. Corak yang terlukis di kertas dinding ini mampu menimbulkan nuansa tersendiri. Wallpaper juga dapat menciptakan kesan yang mewah dan elegan. Disarankan memilih kertas wallpaper yang mempunyai motif minimalis seperti polos atau garis-garis. Jangan pernah menggunakan wallpaper bercorak bulat-bulat atau gambar yang rumit sebab bisa membuat tamu yang berkunjung merasa pusing.

Partisi yang Unik

Apabila ruang tamu di rumah anda berada dalam satu ruangan dengan ruang yang lainnya, anda perlu membangun partisi sebagai pemisah. Cobalah gunakan partisi berupa lemari kaca supaya kesan ruangan yang lapang tetap dapat dijaga. Jangan lupa percantik tampilan lemari kaca tersebut dengan menaruh koleksi barang pecah belah atau barang-barang elektronik. Ingat, jaga keseimbangan ruangan sehingga kenyamanan ruang tamu tetap dapat dipertahankan.