Ruangan
Sep2

Ini Tips Menata Garasi Rumah Biar Bersih dan Rapi

tips-menata-garasi.jpg

Di dalam aktifitas sehari-hari, menata garasi seringkali terlupakan. Terutama jika garasi di rumah anda hanya berfungsi sebagai tempat parkir sepeda motor dan mobil saja. Agar garasi di rumah anda selalu bersih, rapi, dan tidak mudah rusak, ikuti tips-tips berikut ini :

Menentukan Warna yang Tepat

Karena garasi identik dengan ruangan yang mudah kotor, maka penggunaan warnanya pun dipilih warna yang mampu menyembunyikan kotoran. Rekomendasi kami adalah warna cokelat muda atau abu-abu muda. Selain terlihat modern, kedua warna ini juga terlihat terang meski menyerap cahaya yang tidak begitu banyak.

Cat Dinding yang Mudah Dibersihkan

Seperti yang pernah kami ulas di sini, menurut tingkat kilauannya, produk cat terdiri dari beragam jenis. Adapun untuk garasi, cat berjenis semi-gloss adalah yang paling cocok. Hal ini dikarenak cat semi-gloss mudah diaplikasikan pada dinding, serta mudah juga dibersihkan karena hanya tinggal mengelapnya saja.

Jangan Biarkan Dinding Menganggur!

Di dalam ilmu desain rumah, dikenal istilah bidang horisontal dan bidang vertikal. Bidang horisontal adalah lantai, sedangkan bidang vertikal adalah dinding. Biarkan lantai garasi tetap kosong agar mobil dan motor anda bisa bernafas lega di dalamnya. Sementara itu, jika anda membutuhkan tempat penyimpanan perkakas kendaraan bermotor, cukup pasangkan saja beberapa rak dan pegboard sebagai tempat menaruh alat-alat anda tadi.

Pemilihan Lantai Garasi

Karena berfungsi untuk menopang beban yang sangat berat, pemilihan lantai garasi harus mengutamakan daya tahan dan kekuatannya. Itulah kenapa lantai beton seringkali diandalkan. Lantai beton ini tidak hanya kuat, tetapi juga bersifat lentur dan tidak mudah pecah. Berbeda jauh dengan ubin dan keramik yang kaku sehingga gampang mengalami keretakan. Agar kekuatan lantai beton semakin tinggi, anda dapat menambahkan cat epoxy primer sebagai pelapis permukaan lantai tersebut.