Ruangan
Jul23

Ingin Membuat Desain Taman Gaya Bali?

Pernahkah anda memperhatikan desain taman gaya bali? Bagaimana tampilannya menurut anda? Apakah anda tertarik untuk membangun taman tersebut di rumah?

desain-taman-gaya-bali.jpg

Secara prinsip, struktur rumah khas bali selalu menghadirkan taman. Selain untuk menambah keindahan, taman ini juga berfungsi sebagai tempat upacara keagamaan dan kegiatan sehari-hari.

Taman di Bali terkenal unik. Mulai dari tampilan, elemen, dan maksud pembangunan telah diatur sedemikian rupa agar menghasilkan lingkungan yang mampu menyatu dengan kehidupan dunia dan arwah.

Tanaman Khas

Tumbuhan berdaun lebar adalah jenis tumbuhan yang selalu menghiasi lingkungan taman. Ada cukup banyak tumbuhan dengan karakteristik seperti ini, di antaranya pohon pisang, teratai, pandan, talas, dan tanaman tropis lainnya.

Jenis tanaman berbunga mencolok seperti bunga sepatu, melati, dan bunga helikonia juga cukup diminati. Menariknya, masyarakat bali juga menyukai tanaman berbentuk unik seperti pisang kipas, palem botol, dan pohon kelapa. Satu tanaman yang wajib ada yaitu pohon kamboja.

Taman Berbentuk Kotak

Kotak merupakan bentuk tanah yang paling mudah untuk dikembangkan menjadi taman. Karena itu, bentuk ini menjadi favorit bagi rumah-rumah di Bali. Penataan taman dilakukan secara kreatif agar mampu menghasilkan taman yang terlihat dinamis dan meninggalkan bentuk aslinya. Sebagai contoh, tanamkan pepohonan besar di sudut taman dan tanaman kecil di depannya.

Patung, Penjaga Sekaligus Hiasan

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, di Bali, pemanfaatan area taman juga diperuntukkan sebagai tempat persembahyangan. Patung-patung dipercaya sebagai jelmaan dewa dan diletakkan di area taman sebagai penjaga rumah. Di luar dari fungsi tersebut, patung-patung ini juga mampu meningkatkan daya tarik dari lingkungan tersebut.

Gerbang Penuh Ukiran

Keunikan lainnya terdapat pada desain pagar yang mengelilingi rumah, terutama pada bagian gerbang. Masyarakat bali sangat menyukai ukiran dan bentuk gerbang yang dekoratif. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya ukiran-ukiran yang membentuk gerbang tersebut. Anda bisa memadukan warna kuning tembaga dan hitam agar gerbang terlihat lebih modern.

Gazebo sebagai Titik Fokus

Titik fokus taman biasanya berupa ornamen yang unik. Jika di Bali, gazebo lah yang memegang peranan ini. Bentuk gazebo dibuat seefektif mungkin, baik sebagai penghias maupun tempat berkumpul. Bentuk taman yang kotak memungkinkan gazebo bisa dibangun secara harmonis.

Kolam dan Water Feature

Suasana yang paling menonjol pada taman ala Bali adalah alami dan menenangkan, mirip seperti taman di Jepang. Karenanya, kita perlu menambahkan elemen yang mampu menciptakan ketenangan yaitu kolam air. Kolam air dibangun tidak terlalu besar, karena lebih mementingkan pada suara gemericiknya. Anda bisa membuat air terjun untuk menciptakan suasana desain taman seperti ini.

Selamat mencoba!