Ruangan
Nov12

Indahnya! 5 Inspirasi Desain Ruang Tamu Terbuka

Ruang tamu terbuka sangat pas diaplikasikan pada rumah yang memiliki taman indah di sekelilingnya. Konsep ini memungkinkan keindahan taman tersebut tidak hanya berfungsi sebagai pajangan luar saja, melainkan juga bisa mengalirkan semerbak hingga ke dalam interior. Desain terbuka juga identik dengan ruangan yang saling menyatu, sehingga ruang tamu pun terasa lebih luas.

Bagi anda yang ingin mendesain ruang tamu dengan konsep terbuka, cobalah inspirasi berikut ini :

desain-ruang-tamu-terbuka.jpg

Konsep ruang tamu terbuka paling mudah diciptakan dengan jalan meniadakan partisi di ruangan tersebut. Langkah ini memungkinkan cahaya dan udara bisa mengalir bebas masuk ke dalam rumah. Selanjutnya, agar interior mampu menyatu dengan lingkungan sekitar, buatlah ruangan tersebut seolah belum selesai dibangun.

dekorasi-ruang-tamu-terbuka.jpg

Ide lain adalah membangun ruang tamu agar terasa berada di eksterior rumah. Salah satunya yakni dengan menciptakan konsep alami di ruang tamu tersebut. Sebagai contoh, anda bisa membiarkan tembok ruangan tampil polos apa adanya tanpa lapisan cat. Tambahkan juga plafon dari susunan kayu agar nuansa naturalnya kian terasa. Biar ruang tamu tak kehabisan pesona, tambahkan sebuah jendela berukuran besar yang dipermanis tirai tipis berwarna putih.

konsep-ruang-tamu-terbuka.jpg

Anda juga dapat menghadirkan aroma taman dan teras ke dalam ruang tamu. Gunakan kursi berbahan rotan dengan tambahan meja kopi dari kaca. Selanjutnya, taruh beberapa tanaman segar sebagai pemanis ruangan. Ruang tamu pun kini menjadi lebih hidup.

gambar-ruang-tamu-terbuka.jpg

Anda bisa membuat ruang tamu benar-benar terbuka dengan tidak memasang pintu utama. Selanjutnya, bangunlah partisi antara ruang tamu dan teras berukuran cukup pendek yang menyisakan beberapa senti dari plafon. Dengan begini, seolah ruang tamu tersebut masih merupakan bagian dari teras. Namun pastikan, pintu ruangan yang terletak di sekitar ruang tamu harus cukup aman mengingat anda tidak memakai lagi pintu utama.

inspirasi-desain-ruang-tamu-terbuka.jpg

Keistimewaan dari ruang tamu yang satu ini adalah penggunaan bahan kaca sebagai partisi ruangan. Sifatnya yang bening membuat seolah ruang tamu tersebut tidak ditutup oleh partisi. Pilih kaca tanpa bingkai, kemudian pasang dengan menanamkannya pada lantai, dinding, dan plafon. Dinding kaca tanpa frame ini dihadirkan pada area samping biar pemandangan indah taman bisa dinikmati dari dalam ruang tamu.