Ruangan
Dec25

Ide-ide Pakem Desain Ruang Tamu Tradisional

Meskipun tren desain ruang tamu terus berkembang, bukan berarti gaya tradisional tidak diminati lagi. Banyak alasan mengapa orang masih mencintai gaya ini. Salah satunya karena desain tradisional mampu melahirkan suasana yang hangat dan ramah pada siapapun.

desain-ruang-tamu-tradisional.jpg

Elemen pertama yang menjadikan ruang tamu tradisional ini berbeda adalah penggunaan sofa berukuran besar yang dilengkapi dengan dua kursi berlengan. Tidak ketinggalan, meja kayu “raksasa” yang biasanya digunakan untuk ruang makan juga turut diletakkan di tengah-tengah ruangan. Paduan furniture-furniture ini mampu meningkatkan suasana keakraban di ruang tamu.

Di luar negeri, ruang tamu bergaya tradisional ini umumnya menggunakan focal point berupa tungku perapian. Mungkin di Indonesia juga bisa dibuat model serupa. Namun tungku ini akan lebih berguna jika rumah anda berlokasi di daerah pegunungan dengan udara dingin. Kesan yang ditimbulkan oleh perapian ini sangat kuat, karena memang konsep interior tradisional saja yang menggunakannya.

gaya-ruang-tamu-tradisional.jpg

Agar tampilan elemen-elemen di atas bisa terlihat lebih menawan, perlu penambahan ornamen hias berupa ukiran. Sebagai contoh, lengan sofa untuk ruangan tradisional kerap dihiasi ukiran-ukiran nan cantik, atau meja kayu dan tembaga yang dibentuk rumit.

Keberadaan lemari kayu besar berisi koleksi barang-barang pecah belah juga tak boleh dilewatkan. Pada permukaan lemari ini, selain diwarnai dengan pelitur, juga sering dihiasi cat emas khususnya pada bagian ukiran-ukirannya. Kombinasi dari kedua warna ini akan menghasilkan tampilan yang mewah dan elegan.

contoh-ruang-tamu-tradisional.jpg

Untuk aksesorisnya, lilin dan gorden panjang sering dipajang di desain ruang tamu ini. Selanjutnya, lilin-lilin tersebut bisa ditempatkan di atas meja maupun digantung di langit-langit. Sedangkan penambahan gorden akan menghasilkan sentuhan desain yang anggun dari paduan bentuk, warna, dan motifnya. Jangan lupakan juga karpet berwarna kuning, merah, cokelat dengan motif dekoratif.

Terakhir adalah ukuran langit-langit yang cukup tinggi, sehingga akan terlihat cerah di siang hari. Malam harinya dipilih pencahayaan berwarna kuning yang akan membawa suasana elegan khas pedesaan di ruang tamu tersebut.