Ruangan
Jan24

Ide-ide Dekorasi Rumah Nuansa Modern Minimalis

Dekorasi rumah modern minimalis menawarkan suasana lingkungan yang praktis, rapi, simple, dan modern. Kebanyakan peminat dekorasi ruangan ini berasal dari kalangan muda dengan rutinitas yang padat, di mana tidak punya banyak waktu mengurus rumah. Keminimalisan ruangan memungkinkan kondisinya bisa diatur dengan mudah, sedangkan sentuhan modern membuat tampilannya tetap berkelas.

Disebut minimalis karena konsepnya praktis mewakili gaya hidup masyarakat perkotaan yang modern dan penuh mobilitas. Salah satunya bisa terlihat dari tampilan rumah yang hadir serba minim dan apa adanya tanpa ornamen penghias yang rumit. Begitu juga dengan interiornya diisi perabotan multifungsi yang bersifat praktis dan menghemat tempat.

Pada dasarnya, rumah berkonsep minimalis modern dapat diciptakan dari gabungan ketiga unsur berikut ini :

1. Desain Fungsional

rumah-modern-minimalis.jpg

Setiap benda di dalam rumah minimalis mempunyai peranan tertentu yang lebih dari sekadar pajangan. Jumlah furnitur dan aksesoris yang digunakan juga disesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini dilakukan untuk menjaga suasana lapang dan bersih, sekaligus menciptakan interior yang memiliki beragam kegunaan. Itu sebabnya, konsep minimalis juga sering disebut sebagai konsep fungsional karena kegunaannya yang banyak.

2. Suasana Bersih

desain-rumah-modern-minimalis.jpg

Karena penataannya dilakukan dengan minim, sederhana, dan tidak neko-neko, sudah menjadi pemandangan yang biasa jika ruangan minimalis terlihat bersih. Seluruh bentuk perabotan diusahakan memiliki postur yang tegas dan bergeometris kuat. Sebaliknya, ornamen melengkung dan kurva yang biasanya memperindah interior klasik justru dihindari. Hal ini pulalah yang turut menciptakan tampilan sederhana, namun tetap tidak membosankan karena sentuhan gaya modern.

3. Bersifat Praktis

dekorasi-rumah-modern-minimalis.jpg

Rumah bernuansa minimalis juga tidak memerlukan perawatan yang rumit, malah cenderung bersifat praktis. Selain karena jumlah perabotan yang terbatas, konsep ini juga mengedepankan kesederhanaan. Tidak dibutuhkan banyak perawatan untuk menjaga desainnya tetap mempesona indah. Kekuatan dan ketahanan desain lah yang justru paling diutamakan pada konsep rumah modern minimalis ini.