Ruangan
Jan1

Ide-ide Dekorasi Kamar Tidur untuk Anak Batita

Apakah anda ingin belajar mendekorasi kamar tidur untuk si buah hati? Pada usia batita, biasanya orangtua mulai mengajarkan anaknya untuk tidur di kamar tersendiri. Tujuannya tentu melatih anak bagaimana cara hidup mandiri dan menumbuhkan rasa keberaniannya.

Nah, ide-ide berikut ini mungkin akan berguna bagi anda :

Ajak Buah Hati untuk Ikutserta Mendesain

desain-kamar-tidur-anak.jpg

Sama seperti proses mendesain kamar tidur anak yang lainnya, sangat disarankan bagi anda untuk mengajak serta si kecil ikut mendekorasi kamar pribadinya. Selain agar suasana di kamar tidur mampu membuat anak anda merasa betah dan nyaman, dengan turut mengajak mereka, anda juga bisa melatih daya kreatifitas anak agar semakin meningkat. Anda dapat memancing imajinasi anak dengan membiarkannya memilih bentuk ranjang favoritnya, warna dinding kamar yang disukai, serta furnitur pelengkap yang juga bisa berfungsi sebagai mainan. Namun anda tetap harus menomorsatukan aspek keamanan bagi anak. Salah satunya dengan memilih ranjang berkaki pendek yang dilengkapi pagar di sekelilingnya.

Biarkan Anak Memilih Pelengkap Tidur yang Disukai

kamar-untuk-anak-batita.jpg

Sebagai pengisi ranjang, anda memerlukan berbagai perlengkapan tidur seperti bantal, sprei, dan selimut yang tepat. Khusus untuk bantal, selain untuk menunjang kenyamanan di kamar tidur, anda juga bisa memanfaatkannya sebagai pagar ranjang. Fungsinya, tidak lain untuk menjamin keamanan buah hati ketika di kamar tidur tersebut. Sedangkan, dengan sprei dan selimut, anda bisa membuat kamar tidur yang mampu memikat hati anak dengan menampilkan motif tokoh animasi favoritnya.

Terapkan Warna yang Cerah

warna-kamar-tidur-anak.jpg

Pada umumnya, anak-anak sangat menyukai warna-warni yang terlihat cerah. Anda bisa mempertimbangkan penggunaan warna merah, kuning, hijau, dan biru sebagai warna dasar ruangan. Selanjutnya, pilih warna cat pastel untuk melembutkan pesona dinding ruangan. Jika di kamar anak terdapat gorden, jangan lupa, anda juga bisa memainkan warnanya dengan dilengkapi corak-corak yang menggemaskan.

Furnitur untuk Kamar Tidur

furnitur-kamar-tidur-anak.jpg

Memang benar kebutuhan furnitur untuk anak batita terbilang masih sangat sedikit. Namun tidak ada salahnya kan menghadirkan berbagai perabotan ini ke ruang pribadinya? Salah satu manfaatnya adalah untuk menumbuhkembangkan sikap anak supaya mampu bertanggung jawab terhadap barang-barang yang ia miliki. Beberapa furnitur yang bisa anda tambahkan di antaranya lemari pakaian dan kotak mainan. Pertimbangkan juga satu set meja belajar untuk memperkenalkan anak pada dunia belajar dan meningkatkan rasa keingintahuannya. Yang penting, pastikan ruang gerak di dalam kamar tidur masih terjaga cukup luas sebab pola tingkah anak batita sangat aktif. Pemberian karpet berguna untuk menghangatkan lantai ruangan dan memastikannya tetap aman.

Atur Pencahayaan dengan Tepat

pencahayaa-kamar-tidur.jpg

Di dalam kamar tidur untuk anak batita, fungsi pencahayaan berguna sebatas untuk menerangi seluruh sudut ruangan. Oleh karena itu, pastikan pencahayaan di dalam kamar terlihat normal, tidak redup dan tidak menyilaukan mata. Juga direkomendasikan untuk menghadirkan lampu tidur dengan desain lucu sebagai peneman buah hati anda di kala menikmati mimpi malamnya.